Skema Kenaikan TDL Siap Dibahas

Skema Kenaikan TDL Siap Dibahas
Skema Kenaikan TDL Siap Dibahas
JAKARTA- PT PLN (Persero) telah menyelesaikan skema perhitungan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang rencananya akan mulai pada pertengahan tahun ini. Seperti Kenaikan TDL yang sudah disetujui antara pemerintah dan DPR RI sebesar 10 persen dalam APBN-P 2010. Namun kenaikan TDL 10 persen tersebut masih belum merinci skenario kenaikan bagi masing-masing pelanggan.

"Saya sudah bertemu dengan Dirut PLN dan beliau mengatakan bahwa skema kenaikan TDL sudah selesai dan siap dibahas paling cepat Senin depan dengan DPR RI. Dirut PLN mengatakan skemanya telah selesai dan sudah disampaikan pada saya. Saya minta ini untuk segera dibahas dengan ESDM dan DPR komisi VII," kata Menteri Koordinator bidang perekonomian, Hatta Radjasa pada wartawan, Jumat (4/6) di Jakarta.

Menurut Hatta, apapun keputusan dari pembahasan DPR RI, ESDM dan PLN, nantinya akan segera dirumuskan menjadi suatu kebijakan. TDL dipastikan naik dan hanya akan menyentuh pada level pemakai menengah ke atas. Karena kenaikan TDL ini akan berpengaruh langsung pada berkurangnya tanggungjawab pemerintah dalam memberikan subsidi energi yang cukup menyita APBN.

"Kita pastikan bahwa subsidi untuk pemakai dari masyarakat miskin, tidak akan naik. Karena tanggungjawab pemerintah adalah memberikan subsidi pada rakyatnya. Kita tekankan lagi, bahwa isu utama bukan pada kenaikan TDL-nya. Tapi isu-nya adalah bagaimana subsidi yang diberikan pemerintah tepat sasaran penerimanya," tegas Hatta.(afz/jpnn)

JAKARTA- PT PLN (Persero) telah menyelesaikan skema perhitungan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang rencananya akan mulai pada pertengahan tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News