Smelter Meledak di Morowali, Timnas AMIN: Mas Gibran, Ini Lihat Kerja Pak Jokowi

Smelter Meledak di Morowali, Timnas AMIN: Mas Gibran, Ini Lihat Kerja Pak Jokowi
Korban kecelakaan kerja akibat tungku smelter meledak di PT ITSS di kawasan industri PT IMIP Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (24/12/2023). ANTARA/HO

jpnn.com, JAKARTA - Ledakan smelter di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah yang menyebabkan puluhan korban jiwa mendapat perhatian dari Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN).

“Turut berduka sedalam-dalamnya atas 59 korban dari kebakaran di kawasan IMIP,"kata Juru bicara (Jubir) Muda Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Hari Akbar di Jakarta (25/12).

Berdasarkan data PT IMIP, jumlah korban saat ini mencapai 51 orang. Perinciannya, sebanyak 12 orang menjadi korban jiwa pada peristiwa, terdiri atas 7 tenaga kerja Indonesia dan 5 tenaga kerja asing. Korban luka ringan dan berat sebanyak 39 korban luka-luka yang saat ini sedang mendapatkan penanganan medis

Menurut Akbar, kasus kebakaran di kawasan PT IMIP adalah salah satu dampak dari hilirisasi yang tidak inklusif.

Mulai dari kerusakan lingkungan, tidak hadirnya kesejahteraan sampai standar keselamatan kerja yang tidak dipikirkan.

"Kronologi kawan-kawan yang ada di lapangan, tungku smelter sebenernya sudah bocor dan harus diperbaiki dengan menghentikan proses produksi," ungkapnya.

Hanya saja, kata Hari, masih dipaksakan terus berproduksi dan akhirnya banyak memakan korban.

Hari mendorong pemerintah mengevaluasi ulang standar keselamatan kerja pada smelter-smelter ini.

Ledakan smelter di Morowali mendapat perhatian dari Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News