SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana Pati Gandeng Arutala, Hadirkan Metaverse

SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana Pati Gandeng Arutala, Hadirkan Metaverse
SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana Pati Gandeng Arutala, Hadirkan Metaverse. Foto: dok. SMK BTB

jpnn.com, PATI - SMK Bhina Tunas Bhakti (SMK BTB) Juwana Pati, Jawa Tengah menghadirkan lingkungan gedung di dunia virtual dalam bentuk 3D modeling yang dilabeli Metaverse BTB. Ini merupakan platform pendidikan inovatif dan interaktif berbasis teknologi metaverse.

Dengan menggandeng PT Arutala Digital Inovasi (Arutala) sebagai mitra pengembangan teknologi, implementasi teknologi ini bertujuan meningkatkan minat calon siswa dalam pengenalan lingkungan sekolah.

Selain itu, sebagai medium pengenalan teknologi metaverse kepada siswa, guru, dan semua yang terlibat dalam proses pembelajaran. 

Muslih, kepala SMK BTB Juwana mengaku bangga dengan implementasi teknologi VR di sekolah yang dipimpinnya. Ia menambahkan SMK BTB Juwana sebagai SMK Pusat Keunggulan memilih untuk terus mengikuti perkembangan teknologi terbaru, termasuk teknologi imersif.

“Kami merealisasikan ide dan gagasan melalui kerja sama dengan Arutala sebagai tindak lanjut realisasi lingkungan belajar yang modern dan efektif bagi para siswa dan guru di SMK BTB,” ujar Muslih dalam keterangannya, Selasa (27/12).

CEO Arutala Ahmad Zankie juga menyambut positif kerja sama ini. Dia menegaskan bahwa inovasi yang dihadirkan oleh SMK BTB merupakan sebuah terobosan baru hadirnya produk metaverse dalam lingkup dunia pendidikan SMK Pusat Keunggulan di Indonesia. 

Metaverse BTB merupakan proyek inisiasi, dirancang untuk membantu SMK BTB dalam memberikan pengalaman virtual tour yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi masyarakat, khususnya calon siswa baru. 

Secara bersamaan, Metaverse BTB juga dapat membuka pintu peluang dalam pengembangan kurikulum pembelajaran berbasis teknologi imersif untuk membantu lulusan SMK mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan industri dalam menyerap tenaga kerja. 

SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana Pati menggandeng Arutala. Kerja sama ini menghadirkan Metaverse 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News