UT Metaverse Jadi Pelopor Meredefinisi Proses Pembelajaran Digital Jarak Jauh 

UT Metaverse Jadi Pelopor Meredefinisi Proses Pembelajaran Digital Jarak Jauh 
Dengan memanfaatkan UTVerse, maka proses belajar mengajar tidak hanya terjadi secara sinkronus, tetapi juga berbasis proyek, studi kasus secara riil dan interaksi antarpenggunanya. Foto: Universitas Terbuka

jpnn.com - JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) makin memantapkan posisinya sebagai leader pendidikan jarak jauh (PJJ) di Indonesia.

Seiring dengan kemajuan teknologi digital, konsep PJJ dituntut untuk mengadopsi teknologi terbaru dalam bidang digital yang menawarkan kemudahan dan kemurahannya.

Penanggung Bidang Kelembagaan, Pengembangan, dan Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaan Barang Jasa pada Unit Pengadaan Barang Jasa UT Antares Firman mengatakan salah satu isu besar dalam PJJ adalah pembelajaran aktif dan imersif.

Pembelajaran aktif adalah proses pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk berinteraksi secara penuh dalam proses belajar mengajar.

Pembelajaran imersif merujuk pada tuntutan siswa untuk merasakan pengalaman belajar seolah-oleh bertatap muka langsung dengan pengajar di dalam kelas. 

"Dengan adanya jarak, kedua hal ini menjadi sulit diwujudkan," ujar Antares Firman dalam siaran pers, Senin (17/10).

Lebih lanjut dikatakan pada seremonial acara puncak Dies Natalis ke-38 UT, UT Metaverse telah diperkenalkan dan dikembangkan untuk menjawab isu tantangan tersebut.

Dengan memanfaatkan teknologi digital terkini, UT berkolaborasi dengan berbagai ahli, korporasi telekomunikasi terbesar di Indonesia. Juga universitas terkemuka di dunia yang telah merancang serta mengembangkan lingkungan belajar, mengajar yang di dalamnya mengandung keunggulan proses pembelajaran aktif dan imersif. 

Sebagai pelopor PJJ, Universitas Terbaru terus mengikuti perkembangan teknologi terbaru dengan menerapkan UT Metaverse

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News