Snapcart: Program Ramadan Shopee Paling Diminati Konsumen

Snapcart: Program Ramadan Shopee Paling Diminati Konsumen
Hasil Riset Konsumen yang dilakukan Snapcart. ILUSTRASI. Foto: Ist.

jpnn.com, JAKARTA - Ramadan merupakan bulan berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia. Untuk mengetahui tren perilaku ini, Snapcart melakukan riset konsumen.

Hasilnya menunjukkan 79,2 persen konsumen mengetahui dan mengikuti program spesial Ramadan dari situs-situs belanja online di Indonesia. Program Ramadan dari Shopee memperoleh awareness paling tinggi 73 persen, diikuti oleh Tokopedia 58 persen, Bukalapak 30 persen, Lazada 28 persen, JD.ID 14 persen, dan Blibli 10 persen.

Data riset Snapcart mengemukakan, 62 persen responden menjawab aktif berpartisipasi dalam program Ramadan Goyang Hujan Emas dan Big Ramadan Sale dari Shopee. Kemudian diikuti 45 persen responden menjawab berpartisipasi dalam program Shake-Shake dan Semarak Ramadan Ekstra dari Tokopedia, dan 16 persen responden berpartisipasi dalam program Puashake dan Puasale dari Lazada. Peringkat berikutnya responden berpartisipasi dalam program serupa dari Bukalapak, JD.ID, dan Blibli.

“Tiga yang pertama adalah situs belanja online terbesar di Indonesia, sehingga sangat populer dikunjungi pembelanja online,” kata Business Development Director Snapcart Asia Pasifik, Felix Sugianto dalam keterangan persnya, Senin (23/7).

Media sosial merupakan media yang paling banyak diakses konsumen untuk mendapatkan informasi program Ramadan. Sebanyak 52 persen responden mengetahui program Ramadan dari media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan youtube; 44 persen tahu melalui iklan di televisi; 44 persen tahu melalui iklan di media online lain; 27 persen tahu melalui iklan di aplikasi-aplikasi online; 18 persen tahu melalui kabar dari mulut ke mulut (word of mouth); 11 persen melalui iklan luar ruang; dan 9 persen tahu dari berita media massa.

Fashion Paling Banyak Dibeli

Lantas barang apa yang paling banyak dibeli selama Ramadan 2018? Riset Snapcart menunjukkan, pakaian dan aksesoris fashion masih menempati posisi paling tinggi, yakni 40 persen pembelanja online membeli produk-produk ini. Diikuti 28 persen membeli produk-produk digital seperti games, aplikasi berbayar, asuransi online, dan lain-lain; 23 persen membeli produk kosmetik dan kebutuhan personal; 21 persen membeli gadget dan aksesorisnya; 17 persen membeli produk kebutuhan rumah tangga; 16 persen membeli sepatu; 15 persen membeli pakaian dan perlengkapan bayi, dan 15 persen membeli berbagai jenis tas.

“Ini sesuai dengan budaya orang Indonesia yang merayakan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri selalu dengan memakai baju baru. Yang menarik, kini berbelanja produk fashion semakin banyak dilakukan melalui situs belanja online,” ujar Soon Lee Lim, Chief Revenue Officer Snapcart Asia Pasifik.

Ramadan merupakan bulan berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia. Untuk mengetahui tren perilaku ini, Snapcart melakukan riset konsumen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News