SNMPTN, Kemdiknas Gandeng Bank Mandiri

Terapkan Sistem Pembayaran Online

SNMPTN, Kemdiknas Gandeng Bank Mandiri
LAUNCHING - Mendiknas M Nuh bersama pihak-pihak terkait, saat jumpa pers SNMPTN 2011 di Kemdiknas, Rabu (12/1). Foto: Arundono/JPNN.
JAKARTA - Bank Mandiri siap untuk menyediakan layanan sistem pembayaran secara online, untuk mendukung pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011. Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Riswinandi mengatakan, melalui layanan tersebut, maka Bank Mandiri akan menerima pembayaran uang pendaftaran calon peserta SNMPTN yang rencananya akan diikuti oleh 60 PTN di seluruh Indonesia.

"Para calon mahasiswa maupun orang tua, dapat langsung mengakses website SNMPTN untuk mendaftar di mana saja melalui jaringan internet. Pembayarannya pun dapat dilakukan secara online di seluruh jaringan Bank Mandiri, seperti (via) ATM, internet banking, SMS banking, dan cabang-cabang Bank mandiri yang berjumlah 1.296 kantor cabang di seluruh Indonesia. Sehingga, tidak perlu antre panjang di loket pembayaran," terang Riswinandi, dalam konferensi pers SNMPTN 2011 di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Rabu (12/1).

Di tempat yang sama, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menambahkan, pendaftaran sekaligus pembayaran yang dapat dilakukan secara online ini, merupakan salah satu upaya kementerian dalam meningkatkan efisiensi dan memberi kemudahan bagi seluruh calon mahasiswa dalam mendaftar SNMPTN. "Setiap calon mahasiswa di mana pun, bisa memilih dan mengikuti seleksi PTN yang diminati. Ini merupakan bagian dari upaya untuk efisiensi dan optimalisasi. Melalui SNMPTN (pendaftaran sistem online), calon mahasiswa hanya perlu mendaftar satu kali," jelasnya.

Selain itu, Ketua Umum Panitia SNMPTN, Herry Suhardiyanto juga menambahkan, calon mahasiswa yang akan mengikuti SNMPTN tahun 2011 ini diperkirakan mencapai hampir 800 ribu pendaftar, atau sekitar dua kali lipat peserta SNMPTN 2010 lalu. Menurutnya, hal ini dikarenakan seluruh PTN wajib memberikan jatah kursi 60 persen dari total penerimaan mahasiswa di masing-masing PTN.

JAKARTA - Bank Mandiri siap untuk menyediakan layanan sistem pembayaran secara online, untuk mendukung pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News