Soal Century, Golkar Yakin Ada Konspirasi

Soal Century, Golkar Yakin Ada Konspirasi
Soal Century, Golkar Yakin Ada Konspirasi
JAKARTA - Fraksi Partai Golkar menemukan dugaan penyimpangan dalam kasus Bank Century baik dari hasil investigasi awal yang dilakukan PPATK, BPK maupun investigasi Pansus di lima kota besar di Indonesia. Golkar minta semua kejanggalan itu harus ditindaklanjuti.

Anggota Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo saat membacakan pandangan fraksinya atas kasus Bank Century di rapat Pansus Century, Rabu (17/2), menyatakan bahwa uang BI maupun uang Lembaga Penjamin Simpanan merupakan bagian keuangan Negara. "Ada konsekuensi hukum dalam penggunaannya. Hasil investigasi di berbagai daerah, FPG menemukan adanya penyimpangan dana BC dan kami minta dituntaskan. Ada konspirasi meminjam rekening orang lain, menggunakan deposito orang lain, penggunaan identitas palsu dalam penarikan tunai," sebut Bambang.

Menurutnya, FPG juga menemukan sejumlah keganjilan terhadap nasabah bernama AR yang memiliki dana sebesar Rp 66 miliar dalam waktu singkat. Dalam waktu singkat pula, uang tersebut ditarik dan dipindahbukukan. "Selain itu, berdasarkan laporan PPATK serta infestigasi, bahwa patut diduga telah terjadi manipulatif yang melawan hukum. Dikaitkan dengan adanya ancaman terhadap saudara Akbar Faisal (anggota Fraksi Hanura), ini semakin memperkuat keterlibatan pihak luar dalam dugaan tersebut," beber Bambang..

Fraksi Partai Golkar menemukan dugaan penyimpangan dalam hasil investigasi awal yang dilakukan tim baik dari data PPATK, BPK maupun investigasi di lima kota besar di Indonesia, sehingga perlu ditindak lanjuti secara tuntas. Modus penyimpangan yang dilakukan diantaranya adanya konspirasi meminjam rekening orang lain atau menggunakan rekening orang lain, menggunakan identitas atau KPT palsu sehingga memutus mata rantai dan sulit terindentifikasi. Karena itu, Golkar secara khusus memberikan perhatian terhadap dana atas nama AR yang memiliki sejumlah keganjalan.

JAKARTA - Fraksi Partai Golkar menemukan dugaan penyimpangan dalam kasus Bank Century baik dari hasil investigasi awal yang dilakukan PPATK, BPK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News