Soal Hak Angket, NasDem Serahkan ke PDIP, Surya Paloh: Kami Lihat-Lihat Dahulu

Soal Hak Angket, NasDem Serahkan ke PDIP, Surya Paloh: Kami Lihat-Lihat Dahulu
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (20/3). Foto: Ryana Aryadita/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menanggapi mengenai kemungkinan partainya ikut mengajukan hak angket ke DPR mengenai kecurangan pemilu 2024.

Menurut dia, partainya bukan partai yang memiliki jumlah kursi banyak di DPR RI.

Untuk itu, dia mempersilakan partai dengan kursi terbanyak di DPR untuk mengajukan hak angket.

“Bahkan rekan-rekan dari PDIP yang pertama sekali mengambil inisiatif untuk menggulirkan hak angket. Nah kami lihat ini sejauh mana progresnya berjalan,” ucap Surya di NasDem Tower, Rabu (20/3) malam.

Surya menuturkan bahwa partainya akan mengevaluasi terlebih dahulu apakah perlu terlibat untuk mendorong hak angket.

“Jadi, partai dengan jumlah perolehan suara yang tidak nomor satu dari hasil Pemilu 2024 ini bolehlah ikut lihat-lihat dahulu pada partai boleh lah ikut, lihat-lihat dahulu pada partai yang mendapatkan suara dan kursi paling banyak,” jelasnya.

Pendiri Media Group ini menuturkan kalaupun NasDem mendorong hak angket, karena semata-mata penghormatan kepada hak konstitusional yang dimiliki oleh seluruh anggota dewan.

“Pertanyaannnya masih mungkinkah efektivitas yang akan diperoleh oleh NasDem atau siapapun yang melaksanakan hak angket,” tutur Surya.

Ketum NasDem Surya Paloh menanggapi mengenai kemungkinan partainya ikut mengajukan hak angket ke DPR mengenai dugaan kecurangan pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News