Soal Iran, Obama Tak Beda dengan Bush

Soal Iran, Obama Tak Beda dengan Bush
Soal Iran, Obama Tak Beda dengan Bush
WASHINGTON - Politik luar negeri Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Barack Obama, tampaknya, tak akan mengalami perubahan signifikan dibanding pendahulunya, George W. Bush. Terutama sikap politik terhadap penentang utama di Timur Tengah, Iran. Menurut juru bicara kepresidenan, Obama tetap akan mengerahkan seluruh kekuatan nasional Amerika Serikat, mulai diplomasi hingga perang, untuk menekan program nuklir Iran. Opsi tersebut serupa dengan yang diungkapkan mantan Presiden Bush.

''Banyak isu yang harus ditangani, salah satunya program nuklir haram. Presiden harus menegur pemimpin Iran karena mensponsori terorisme dan mengancam perdamaian di Israel,'' kata Juru Bicara Obama, Robert Gibbs, seperti dilansir Reuters kemarin (30/1).

Dalam kesempatan itu, Gibbs menyangkal berita dari surat kabar Inggris yang menyebutkan bahwa Obama dan Kementerian Luar Negeri pimpinan Hillary Clinton berencana mengirimkan surat kepada Iran untuk mendinginkan tensi kedua negara selama lebih dari 30 tahun belakangan. ''Baik presiden maupun menteri luar negeri tak pernah membuat surat itu. Jadi, isu itu harus berhenti sampai di sini," katanya.

Ketegangan hubungan Iran dan Amerika Serikat memuncak pada masa pemerintahan Bush. Presiden AS dua periode tersebut menepikan Iran dari komunitas internasional dengan menyebutnya sebagai ''poros setan" bersama Korea Utara dan Iraq yang kala itu masih dikuasai Saddam Hussein.

WASHINGTON - Politik luar negeri Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Barack Obama, tampaknya, tak akan mengalami perubahan signifikan dibanding

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News