Soal Kerumunan Massa Sambut Jokowi di NTT, Gus Nabil Memaknai Begini

Soal Kerumunan Massa Sambut Jokowi di NTT, Gus Nabil Memaknai Begini
M Nabil Haroen atau yang akrab disapa Gus Nabil. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Muchamad Nabil Haroen turut angkat suara perihal video yang berisi kegiatan Presiden Joko Widodo, yang menjadi viral di media sosial.

Video yang dimaksud ialah rekaman yang menampilkan Joko Widodo melambaikan tangan dan membagikan suvenir di tengah kerumunan.

Pria yang karib disapa Gus Nabil itu memaknai beberapa hal terkait kerumunan yang terjadi saat rombongan Presiden Joko Widodo tiba di Maumere, Sikka, NTT.

Menurutnya, Jokowi sudah menyampaikan kepada warga setempat untuk mengenakan masker dan menaati protokol kesehatan.

"Bahwa terjadi kerumunan secara spontan, itu tidak bisa terhindarkan. Itu berlangsung sangat cepat. Petugas langsung menertibkan kerumunan," ungkap Gus Nabil kepada jpnn.com, Rabu (24/2).

Lebih lanjut, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama ini menegaskan, dalam peristiwa tersebut, tidak ada upaya provokasi sehingga menimbulkan kerumunan.

Jadi, lanjut dia, peristiwa kerumunan itu tidak dengan sengaja untuk melanggar protokol kesehatan.

"Tidak ada usaha atau provokasi untuk membentuk kerumunan. Tidak ada informasi yang mengajak warga membentuk kerumunan. Jadi, memang bukan dengan sengaja melanggar protokol kesehatan," katanya.

Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen (Gus Nabil) turut angkat suara perihal video yang berisi kegiatan Presiden Joko Widodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News