Soal Satu Ini, Capaian Jokowi Jauh di Bawah SBY

Soal Satu Ini, Capaian Jokowi Jauh di Bawah SBY
Presiden Joko Widodo dan pendahulunya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta pada 9 Maret 2017. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom INDEF (Institute for Development of Economics and Finance) Bima Yudhistira Adinegara menilai ada anomali yang harus dilusurkan soal penyerapan tenaga kerja di era pemerintahan Jokowi - Jusuf Kalla selama tiga tahun terakhir.

Bima mengakui bahwa rata-rata penambahan tenaga kerja setiap tahun selama Jokowi memimpin memang 2,1 juta per tahun.

Hanya saja bila dilihat upaya suami Iriana itu meningkatkan tenaga kerja melalui sektor infrastuktur yang dibangun, penyerapannya masih kalah jauh dibandingkan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Itu ternyata rata-rata penyerapan tenaga kerja sektor konstruksi dalam tiga tahun hanya 134 ribu orang. Jauh di bawah era SBY-Boediono 483 ribu orang per tahun," ujar Bima dalam diskusi bertajuk "May Day, TKA dan Investasia" di Cikini, Jakarta, Sabtu (28/4).

Dengan kata lain, ekonom kelahiran Pamekasan, Madura, 27 tahun silam ini menilai upaya-upaya yang Jokowi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, produktifitas, maupun penyerapan tenaga kerja, ternyata agak meleset.

Di sisi lain, sektor manufaktur dan pertanian yang diproyeksikan pemerintah bisa menyelamatkan tenaga kerja, ternyata tidak optimal. Di pertanian, misalnya, justru terjadi penurunan 700 ribu orang rata-rata dalam tiga tahun.

Nah, yang bisa menyelamatkan penyerapan tenaga kerja itu saat ini adalah sektor transportasi. Penambahannya mencapai 169 ribu orang rata-rata per tahun. Itu terjadi karena sekarang ada transportasi online.

"Tapi itu kan bukan dibuat oleh pemerintah. Program penciptaan tenaga kerjanya awalnya bukan ke sana. Tapi justru ke sektor manufaktur, kemudian sektor pertanian. Tapi penyerapan di pertanian malah negatif," tambahnya. (fat/jpnn)


Penyerapan tenaga kerja per tahun dalam tiga tahun era pemerintahan Jokowi jauh di bawah era Presiden SBY.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News