Selasa, 11 Desember 2018 – 01:30 WIB

Soal UN Beredar di Medsos, Pelaku Diduga Siswa Peserta Ujian

Senin, 16 April 2018 – 00:56 WIB
Soal UN Beredar di Medsos, Pelaku Diduga Siswa Peserta Ujian - JPNN.COM

Siswa sedang mengerjakan soal UNBK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat pendidikan Indra Charismiadji menyayangkan beredarnya foto-foto soal ujian nasional (UN) di aplikasi chat Line.

Dia juga menduga foto itu beredar karena difoto sendiri oleh siswa peserta ujian. ’’(Unas, Red) Udah gak menentukan apa-apa aja masih bocor,’’ katanya.

Selain itu Indra juga mengikuti curhatan sejumlah peserta ujian di media sosial. Dimana hampir seluruh curhatan tersebut berisi kekesalan karena soal yang diujikan sulit. Selain itu tidak sesuai dengan kisi-kisi. Indra mengatakan keluhan tentang soal ujian sulit setiap tahun terjadi.

Bahkan pernah ada surat terbuka dari siswa di Surabaya untuk Mendikbud Muhammad Nuh, saat itu. Inti dari surat terbuka tersebut, siswa tadi mengeluhkan soal unas yang susah.

’’Ini bukti kualitas pendidikan kita memang rendah. Seperti hasil (survei, Red) PISA (Programme for International Students Assessment),’’ tuturnya. Indra mengatakan melihat terus munculnya keluhan soal unas susah, berarti sudah waktunya untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia.

Dia menyayangkan anggaran fungsi pendidikan sebesar Rp 400 triliun lebih per tahun, tetapi manfaatnya tidak ada.

Indra juga berharap Kemendikbud harus melakukan evaluasi program pelatihan guru yang sudah berjalan selama ini. Indra mengatakan pelatihan guru yang juga menyedot anggaran besar, harus bisa berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Ujungnya siswa tidak mengalami kesulitan ketika grade kesukaran soal unas ditingkatkan. ’’Kalau yang namanya ujian itu mudah, jangan disebut ujian,’’ kata dia. (lyn/wan)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar