Solo Rusuh, Popularitas Jokowi tak Terpengaruh

Solo Rusuh, Popularitas Jokowi tak Terpengaruh
Solo Rusuh, Popularitas Jokowi tak Terpengaruh
JAKARTA – PDI Perjuangan yakin bentrok di Solo tidak akan mengurangi popularitas Walikota Joko Widodo (Jokowi) pada pemilukada DKI Jakarta, Juli mendatang. Jokowi dan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok)  diusung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra sebagai pasangan calon gebernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. “Saya yakin tidak masalah. Masyarakat sudah sangat cerdas,” kata politisi senior PDI Perjuangan, Pramono Anung, Senin (7/5), di Jakarta.

Seperti diberitakan, bentrokan antarwarga terjadi di Solo sejak Kamis hingga Jumat pekan lalu. Enam orang terluka akibat kejadian itu. Pramono menambahkan, kejadian Solo sepertinya tidak ada kaitannya dengan Pilkada yang bakal dihelat di DKI Jakarta. “Mungkin orang menganggap bahwa itu murni adanya,” katanya.

Tetapi lanjut dia, selama ini dilihat, diketahui, bahwa di Solo jarang sekali terjadi bentrokan. Menurutnya, Solo itu boleh dibilang basis utama kelompok nasionalis di republik ini. Makanya, kata dia, dari dulu Solo itu toleransi beragamanya paling tinggi dibanding daerah lainnya.

Pramono mengakui, di Solo memang ada ormas yang berhaluan garis keras. Tapi selama ini praktis tidak pernah ada benturan massa. Makanya, kata Pramono, mengherankan jumlah massa seperti tersiapkan dengan baik yang berbenturan dengan masyarakat. “Kalau saya melihat apakah ini konspirasi teori atau tidak, saya ingin melihat mudah-mudahan tidak ada,” tegas Pramono.

JAKARTA – PDI Perjuangan yakin bentrok di Solo tidak akan mengurangi popularitas Walikota Joko Widodo (Jokowi) pada pemilukada DKI Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News