Sony Patenkan 'Controller' Universal

Sony Patenkan 'Controller' Universal
Gambaran skema 'controller' universal yang dipatenkan Sony. Foto: Thesixthaxis.com.
NEW YORK - Perusahaan elektronik raksasa dunia yang identik dengan salah satu merk konsol game terkenal, Sony, baru saja mematenkan sebuah game controller (pengontrol permainan) yang sensitif sentuhan. Sebagaimana banyak diberitakan dan antara lain dirilis situs Computer and Video Games.com, Sabtu (20/2), games controller ini disebut-sebut bakal kompatibel alias cocok dipakai di hampir semua konsol yang eksis saat ini.

Berdasarkan file hak paten-nya, peralatan dimaksud antara lain menggunakan layar LCD yang sensitif sentuhan di bagian depannya. Layar ini akan membuat pengguna bisa mengatur sendiri tombol-tombol pengatur mereka, sesuai dengan game (konsol) mana yang mereka mainkan - atau bahkan membuat semacam keyboard portabel saat memainkan PC games.

Paten yang didaftarkan Sony bahkan menyebutkan bahwa peralatan tersebut bisa bekerja dengan konsol-konsol yang sudah 'kurang popular' saat ini, macam Amiga, Jaguar, maupun Sega. Apakah dengan demikian Sony berencana untuk 'menjajah' ke semua produk video game, atau justru berusaha 'merangkul' mereka untuk menambah 'kekuatan'? Belum jelas. Yang pasti, Sony-lah yang telah mendaftarkan hak paten-nya saat ini. (ito/jpnn)

NEW YORK - Perusahaan elektronik raksasa dunia yang identik dengan salah satu merk konsol game terkenal, Sony, baru saja mematenkan sebuah game controller


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News