Sosok Taufiq Kiemas di Mata Puan Maharani

Sosok Taufiq Kiemas di Mata Puan Maharani
Puan Maharani berziarah ke makam sang ayah, Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Foto: Dokumentasi Pribadi Puan Maharani

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengikuti upacara Hari Pahlawan bersama Presiden Joko Widodo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu (10/11).

Puan tidak hanya mengenang jasa para pahlawan bangsa, tempat peristirahatan itu juga istimewa baginya karena sang ayah, Taufiq Kiemas, juga dimakamkan di sana.

Setelah upacara usai, Puan Maharani menyempatkan diri nyekar ke makam Taufiq, yang berkali-kali dia sebut sebagai sosok yang dikagumi, idola, bahkan boleh dikatakan pahlawan masa kecilnya.

Mata Puan terlihat memancarkan kesedihan, meskipun sang ayah telah berpulang lebih dari delapan tahun silam. Rasa kehilangan ini kembali menyergap ketika Puan berdiri di samping pusara.

Berbalut kerudung hitam, Puan tampak duduk khusyuk membacakan doa dan melantunkan ayat suci Al-Qur'an. Setelah itu, dia menaburkan bunga ke atas makam sang ayah. Puan pun berlalu tanpa banyak bicara dan kembali bertugas.

Bagi Puan Maharani, darah politik memang deras mengalir dari mulai kakeknya, Bung Karno, lalu ibunya Megawati Soekarnoputri.

Namun, wejangan Taufiq Kiemaslah yang pertama mampu membangunkan darah politik Puan.

Sosok Taufiq Kiemas untuk ketua DPR itu tidak hanya tercatat sebagai seorang ayah, tetapi juga inspirasi besar dalam karier politiknya.

Taufiq Kiemas sosok yang dikagumi, idola, bahkan boleh dikatakan pahlawan masa kecil Puan Maharani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News