Spanduk PPDB Sudah Disebar, Tetap Saja tak Dapat Siswa Baru

Spanduk PPDB Sudah Disebar, Tetap Saja tak Dapat Siswa Baru
SMP PGRI 2 Banjarmasin. Foto: WAHYU RAMADHAN/RADAR BANJARMASIN

jpnn.com, BANJARMASIN - Seperti tahun lalu, SMP PGRI 2 Banjarmasin pada 2018 ini tidak mendapat satu pun siswa baru pada PPDB. Di dinding pagar sekolah yang beralamat di Jalan A Yani Km 5 Banjarmasin itu, masih bertempel spanduk penerimaan siswa baru.

“Kami masih menerima pendaftaran hingga saat ini. Karena ketika dibuka lalu, sampai saat ini tak ada yang mendaftar,” keluh Kepala SMP PGRI 2 Banjarmasin, Ilyas, Senin (16/7).

Tak hanya mengeluh tak adanya siswa baru tahun ini, siswa kelas 3 pun hanya ada sebanyak lima orang. “Spanduk sudah di pasang dimana-mana, termasuk di jalan dan di depan sekolah. Namun, masih kosong yang mendaftar,” tukasnya.

Dia memprediksi, tak adanya siswa baru ini karena sistem zonasi PPDB (penerimaan peserta didik baru) yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan. Diakuinya, sekolah negeri yang terdekat dengan SMP PGRI 2 Banjarmasin masih menjadi primadona calon siswa baru disekitar sekolah.


Sistem zonasi pada penerimaan siswa baru tahun ini menurutnya sudah bagus. Namun, sistem yang diterapkan menurutnya tak berjalan yang diinginkan. Imbasnya pun sekolah swasta tak menjadi pilihan. “Mau bagaimana lagi, kami masih menunggu petunjuk pihak yayasan,” ujarnya. (mof/ay/ran)


SMP PGRI 2 Banjarmasin, Kalsel, pada tahun ini tidak mendapatkan satu pun siswa baru, mirip seperti tahun lalu.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News