SPV Austria Bangun Pabrik Terbesar di Asia

SPV Austria Bangun Pabrik Terbesar di Asia
SPV Austria Bangun Pabrik Terbesar di Asia
PURWAKARTA - Perusahaan multinasional asal Austria PT South Pacific Viscose (SPV) memperkuat bisnisnya di sektor hulu tekstil yang memproduksi serat rayon viscose. Serat rayon tersebut sebagai bahan baku bagi industri hilir seperti pabrik benang dan garmen. Tahun ini mereka akan menanamkan investasi untuk perluasan kapasitas senilai USD 130 juta.

President Director SPV Wolfram Kalt mengatakan, pengembangan bisnis tersebut meliputi pembangunan tahap lima. Sebelum ini mereka memiliki tiga line dengan kapasitas masing-masing sebesar 130 ton per hari serta satu line sejumlah 210 ton per hari. Direncanakan line 5 nanti juga mempunyai kapasitas sebesar 210 ton per hari.

"Saat ini, pabrik di Purwakarta ini jadi terbesar di Asia. Atau terbesar kedua setelah Austria," kata dia saat kunjungan Menteri Perdagangan (Mendag) di Purwakarta, kemarin (6/4). Sedangkan kapasitas produksinya sebesar 220 ribu ton per tahun. Ke depan akan ditingkatkan menjadi 345 ribu ton per tahun.

Diyakini, investasi sektor hulu tersebut bisa mendorong pertumbuhan industri hilir tekstil dan produk tekstil (TPT). Kendati demikian industri hulu tekstil seperti SPV mengaku kesulitan mendapatkan bahan baku berupa pulp (bubur kertas). Wolfram mengatakan pabrik pulp dalam negeri kebanyakan untuk bahan baku industri kertas. Karena itu mereka memilih untuk mengimpor seperti dari Brazil dan Afrika Selatan.

PURWAKARTA - Perusahaan multinasional asal Austria PT South Pacific Viscose (SPV) memperkuat bisnisnya di sektor hulu tekstil yang memproduksi serat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News