SSN Belum Jamin Status Sekolah

SSN Belum Jamin Status Sekolah
SSN Belum Jamin Status Sekolah
JAKARTA - Status Sekolah Standar Nasional (SSN) ternyata belum mencerminkan kualitas pelayanan pendidikan. Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) kembali menyosialisasikan standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan. Termasuk disosialisasikan kembali ke SSN.

 

Staf Ahli Mendiknas Bidang Organisasi dan Manajemen, Abdullah Alkaff mengatakan, tidak semua sekolah yang telah mengantongi status SSN sudah dianggap memiliki SPM. "Tidak semua, tapi ada sekolah yang berada dalam kategori SSN dan sudah SPM," ujarnya di Jakarta, selasa (24/8).

Diantara 144 ribu SD dan 43.666 SMP sedikitnya sepertiganya sudah mengantongi SSN.  Alkaff menjelaskan, SPM itu akan direalisasikan melalui berbagai aspek. "Sementara SSN saat ini hanya gelar saja. Tercatat dalam registrasi. Tapi kualitasnya belum tentu masuk dalam SPM," jelasnya.

 

Menurut Alkaff, untuk mencapai SPM pada pendidikan dasar sembilan tahun harus memiliki persyaratan khusus. Diantaranya sekolah harus menyediakan satuan pendidikan dengan jarak yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Jarak sekolah dengan pemukiman warga paling jauh tiga kilometer untuk SD/MI dan enam kilometer untuk SMP/MTs.

 

JAKARTA - Status Sekolah Standar Nasional (SSN) ternyata belum mencerminkan kualitas pelayanan pendidikan. Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News