Ssttt..Ada yang Keberatan DPR Kembali Dipimpin Novanto

Ssttt..Ada yang Keberatan DPR Kembali Dipimpin Novanto
Setya Novanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan keberatan bila lembaga legislatif yang kini diketuai Ade Komarudin, kembali dipimpin oleh Setya Novanto yang telah mengundurkan diri karena skandal Papa Minta Saham.

"Pada prinsipnya saya keberatan apabila Pak Setya Novanto diangkat kembali menjadi ketua DPR," kata Arteria Dahlan, Kamis (24/11).

Menurut dia, dalam banyak perdebatan, pertimbangan dan juga pembenaran, rasa keadilan masyarakat harus diutamakan. Di sisi lain memulihkan kepercayaan rakyat terhadap institusi dewan juga penting.

"Masih ada yang belum bisa menerima Pak Novanto itu tidak bersalah. Sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa putusan MK terkait penyadapan tidak serta merta menghapuskan permasalahan hukum Pak Novanto," jelasnya.

Karena itu politikus PDI Perjuangan ini berpandangan, masih banyak putra putri terbaik bangsa yang akan bisa memimpin DPR. Seharusnya dengan jiwa besar, dengan sikap bijaksana pemegang pengambil kebijakan di fraksi masing-masing atau yang punya kewenangan untuk itu harus arif dan bijaksana memutuskan persoalan ini.

"Permasalahan ini bukan lagi benar salah, tapi permasalahan lebih substantif lagi mengenai kepantasan, kepatutan nilai-nilai moral dan kemanusiaan," tegasnya.

Secara kelembagaan, kata anggota Komisi II ini, DPR harus dibangun dengan integritas dan kekuatan moralitas, karena di situlah substansinya wujud kedaulatan rakyat. DPR, lanjut Arteria, juga harus mampu menjadi institusi yang legitimet dan dapat dipercaya sehingga apapun keputusan DPR nantinya dapat diterima oleh rakyat sebagai keputusan representasi ‎kepada jutaan rakyat Indonesia.

"Itu yang penting. Saya tidak punya permasalahan sedikit pun dengan Pak Novanto, tapi kalau diberi kesempatan memilih, kalau boleh memilih, saya memilih untuk tidak memilih Setya Novanto," tandasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan keberatan bila lembaga legislatif yang kini diketuai Ade Komarudin, kembali dipimpin oleh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News