Stasiun Gambir Sediakan KA Tambahan Hingga H+10

Stasiun Gambir Sediakan KA Tambahan Hingga H+10
Kereta api. Ilustrasi. Foto dok JPG

jpnn.com, JAKARTA - Melonjaknya jumlah penumpang kereta api (KA), membuat pihak stasiun Gambir Jakarta menambah daftar keberangkatan. Sebanyak 12 KA tambahan hari ini dioperasikan. Total ada 44 keberangkatan kereta dalam sehari di stasiun ini.

“Untuk di tanggal 30 ini di stasiun Gambir kita berangkatkan 44 kereta api, yang 32 KA reguler dan 12 KA tambahan,” ujar Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida di kantornya, Kamis (30/5).

Terhitung sampai dengan pukul 09.00 WIB tadi sudah ada 20.546 kursi yang terjual. Penambahan armada KA sendiri akan terus dilakukan hingga H+10 Hari Raya Idulfitri. “Penambahan keretanya kita terus dari H-10 sampai H+10,” imbuh Rizki.

BACA JUGA: Libur Sebentar Lagi, 85 Gerbong Kereta Api Sudah Siap Melaju

Rizki menuturkan, dari seluruh perjalanan kereta terbilang merata untuk semua tujuan. Tidak ada tujuan favorit yang menjadi fokus utama para penumpang. Oleh sebab itu, KA tambahan pun diberikan hampir menyeluruh ke semua tujuan. Antara lain, Bandung, Jogjakarta, Solo, dan Malang.

Pihak stasiun Gambir memprediksi puncak arus mudik akan berlangsung pada esok hari atau lusa. Penumpang KA diperkirakan akan semakin melonjak tinggi pada waktu tersebut.

“Untuk puncaknya sendiri kita nanti tanggal 31 (Mei) atau tanggal 1 (Juni) kemungkinan akan lebih tinggi dari hari ini. Tapi hari ini juga sudah termasuk tinggi,” kata Rizki.

Khusus di hari ini, perjalanan KA masih memperlihatkan bangku kosong. Tercatat total kursi ada 21.254 namun, sampai dengan pukul 09.00 WIB tadi penumpang baru 20.654. Perjalan yang masih menyisakan kursi kosong yakni rute Cirebon dan Malang. “Jadi nanti kalau mau full-nya itu di tanggal 1, 2, 3, 4 (Juni),” tambah Rizki.

Penambahan armada KA akan terus dilakukan hingga H+10 Hari Raya Idulfitri, hal ini mengingat melonjaknya jumlah penumpang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News