Stoichkov, Wakil Bulgaria di Barcelona

Stoichkov, Wakil Bulgaria di Barcelona
Stoichkov, Wakil Bulgaria di Barcelona
BARCELONA - Hristo Stoichkov memiliki job baru di luar sepak bola. Akhir pekan lalu (15/10), Stoichkov resmi diangkat sebagai konsulat kehormatan Bulgaria di Barcelona. Sebagai catatan, konsul di Barcelona merupakan salah satu perwakilan Bulgaria di Spanyol selain kedutaan besar di Madrid.

"Saya mengucapkan selamat datang di tim kami kepada Hristo Stoichkov. Saya yakin dia akan sigap membantu 17 ribu warga negara kami yang datang kepadanya dan berharap dia menjadi penghubung yang baik antara Bulgaria dengan otoritas lokal," kata Menteri Luar Negeri Bulgaria Nikolay Mladenov seperti dilansir Sofia Echo.

Dipilihnya Stoichkov tak lepas karena sudah memiliki "nama" di Catalan. Ya, dia adalah salah satu legenda Barcelona. Dia menjadi bagian dari "Dream Team" Barca asuhan Johan Cruyff di awal dekade 1990-an. Lima tahun berkostum Barca, Stoichkov mengoleksi 13 gelar, di antaranya lima titel Liga Primera dan trofi Liga Champions 1992.

Stoichkov sudah ditawari jabatan konsul kehormatan oleh Perdana Menteri Bulgaria Boiko Borissov sejak Maret lalu. "Saya tidak punya opsi selain dia. Di Catalan, dia seperti Tuhan," puji Borissov kala itu.

BARCELONA - Hristo Stoichkov memiliki job baru di luar sepak bola. Akhir pekan lalu (15/10), Stoichkov resmi diangkat sebagai konsulat kehormatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News