Stok Darah di PMI Menipis, Perempuan Jenggala Lakukan Ini

Stok Darah di PMI Menipis, Perempuan Jenggala Lakukan Ini
Kegiatan donor darah yang digelar Perempuan Jenggala bersama PMI. Foto: Dok. Humas Perempuan Jenggala

jpnn.com, JAKARTA - Palang Merah Indonesia ( PMI) dan organisasi Perempuan Jenggala menggelar kegiatan donor darah reguler, dan pengambilan sampel donor plasma konvalesen di Gallery Pondok Indah Golf.

Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W Kartiwa mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai upaya membantu PMI mendapatkan donor darah karena jumlah kantong darah yang saat ini berkurang drastis.

Selama hampir setahun pandemi Covid-19, PMI mengalami penurunan stok darah sangat siginifikan akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan darah dengan pendonor darah.

Donor darah digelar dengan tema 'Pahlawan di Tengah Pandemi' sebagai pesan untuk menjadi bisa menjadi penolong sesama ditengah masa sulit saat ini. Dengan melakukan donor darah, berarti misi membatu sesama sebagai pahlawan kemanusiaan.

“Kami kerjakan ini bisa memberikan dampak positif untuk banyak orang. Kami sadar bahwa saat ini yang dibutuhkan Indonesia adalah bahu membahu agar bisa bangkit bersama," ujar Vicky dalam keterangannya, Jumat (12/2).

Selain kegiatan donor darah reguler untuk meningkatkan stok darah, juga dilakukan pengecekan sempel darah pendonor plasma konvalesen karena sangat langka didapatkan.

Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Sub Bidang Supportif dan Terapi Plasma Konvalesen Linda Lukitari menambahkan, donor plasma konvalesen adalah terapi yang dilakukan dengan memberikan plasma atau bagian darah mengandung antibodi dari orang yang telah sembuh kepada pasien yang sakit.

Metode terapi plasma konvalesen dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh pada orang-orang yang positif virus Cobid-19. Selain itu terapi ini sangat dibutuhkan mengingat jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 terus meningkat.

“Meningkatnya kasus Covid-19 membuat tenaga kesehatan mencari-cari pengobatan yang tepat untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus ini, plasma konvalesen menjadi pilihan," jelasnya.

Perempuan Jenggala membantu PMI memenuhi stok darah yang berkurang drastis selama pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News