Strategi Airlangga Mumpuni, Suara Golkar Meningkat

Strategi Airlangga Mumpuni, Suara Golkar Meningkat
Ilustrasi - Suara Golkar pada Pemilu 2024 meningkat, pengamat sebut karena strategi yang diterapkan Ketua Umum Airlangga Hartarto mumpuni. Foto: Golkar.

jpnn.com - JAKARTA - Perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu 2024 melesat naik sekitar 2-3 persen dibanding Pemilu 2019 lalu.

Hal tersebut terlihat dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei di mana Golkar juga berada di urutan kedua partai peraih suara terbanyak.

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno, fakta ini menunjukkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mumpuni mengorkestrasi seluruh anatomi kekuatan partainya.

Airlangga juga dinilai menempatkan seluruh kader partai berlambang pohon beringin matang tanpa harus bergantung pada figur sentral.

"Leadership yang ditunjukkan oleh Airlangga tidak bisa dipandang sebelah mata. Kenaikan suara Golkar pada pemilu ini merupakan bukti konkret kemampuannya dalam meningkatkan citra dan kinerja partai," ujar Adi Prayitno dalam keterangannya, Minggu (18/2).

Menurut Adi kenaikan suara Partai Golkar istimewa karena tidak ikut merasakan efek ekor jas atau coat tail effect akibat tidak memiliki calon presiden dan calon wakil presiden.

Namun, dengan kondisi ini, Airlangga justru bisa memaksimalkan peran kader meningkatkan citra partai di masyarakat.

"Golkar memiliki ciri khas sebagai partai modern yang mengandalkan kekuatan kader dan strategi yang matang. Para caleg Golkar, sebagai ujung tombak partai, telah teruji dan tahan banting," ucapnya.

Suara Golkar pada Pemilu 2024 meningkat, pengamat sebut karena strategi yang diterapkan Airlangga mumpuni.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News