JPNN.com

Suap Sekutu Presiden Meksiko, Pengusaha Argentina Ditangkap

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 23:20 WIB Suap Sekutu Presiden Meksiko, Pengusaha Argentina Ditangkap - JPNN.com

jpnn.com, BUENOS AIRES - Polisi Argentina bersama Interpol menangkap pengusaha yang diduga terlibat skandal suap di Meksiko pada 2004 silam. Pengusaha bernama Carlos Ahumada itu ditangkap atas permintaan Meksiko dan bakal segera diekstradisi ke negara tersebut.

Ahumada bukan pengusaha sembarangan. Skandal suap yang melibatkannya juga menyeret sejumlah orang penting Meksiko, termasuk Presiden Andreas Manuel Obrador.

Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (17/8), pada 2004, Ahumada terekam kamera memberi sejumlah uang kepada Rene Bejarano. Ketika itu Rene adalah sekutu terdekat Andreas Manuel Obrador yang masih menjabat wali kota Meksiko.

"Ahumada ditahan atas permintaan pemerintah Meksiko dan satu proses untuk mengekstradisi dia ke Meksiko akan segera dimulai," kata kantor Jaksa Agung Meksiko (FGR) di dalam satu pernyataan.

BACA JUGA: Ancaman Trump Bikin Presiden Meksiko Langgar Janji Kampanye

Namun, dia ditangkap bukan karena kasus suap tersebut. FGR mencurigai Ahumada melakukan penggelapan pajak sebesar USD 74.910. Pada 2004, para penyelidik ingin menanyai dia sehubungan dengan dana masyarakat yang hilang sebesar USD tiga juta.

Lopez Obrador, yang memangku jabatan pada Desember, telah membuat perang melawan korupsi sebagai tonggak pemerintahnya. Karena itu, kasus Ahumada sangat mencoreng reputasinya. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...