Suara Perempuan di Ujung Telepon, Pemilik ATM Berikan Kode PIN

Suara Perempuan di Ujung Telepon, Pemilik ATM Berikan Kode PIN
Kawanan pencuri uang dengan modus mengganjal mesin ATM akhirnya dibekuk anggota Polres Kukar. Foto: Rifqi/Kaltim Post

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Tim Alligator Polres Kukar, Kaltim, membekuk tiga kawanan jaringan ganjal mesin ATM di lokasi berbeda, Sabtu (6/7). Para pelaku diduga sudah meraup duit puluhan juta rupiah.

Tiga anggota jaringan ini bolak-balik Sumatra, Jawa, dan Kalimantan, untuk beraksi. Balikpapan menjadi daerah yang kerap dijadikan sasaran tersangka untuk meraup rupiah. Namun apes, ketika beraksi di Tenggarong, petualangan ketiga tersangka terendus petugas.

Ketiga tersangka yang berhasil dibekuk, yaitu Sa (28), Af (25) dan Ar (26). Ketiganya berdomisili di Sumatra Selatan (Sumsel). Namun, jaringan ini juga memiliki anggota di Pulau Jawa.

“Jaringan ini sudah sangat meresahkan. Sebab dalam aksinya sangat licin sekali dan kerap berpindah-pindah,” terang Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Damus Asa.

Modus operandi yang dilakukan tersangka, dengan memasang stiker call center palsu di mesin ATM yang menjadi target. Selanjutnya mulut kartu ATM diganjal menggunakan plastik perekat yang dibuat khusus, dengan tujuan membuat panik nasabah pengguna ATM.

BACA JUGA: Matius Jon Tunggu Perkembangan, Jika Sudah Keterlaluan Baru Lapor Polisi

Dalam kondisi tersebut, nasabah biasanya menghubungi call center palsu yang sudah ditempel di mesin ATM. Suara perempuan di ujung telepon, yang diduga menjadi anggota sindikat mengarahkan pemilik kartu ATM. Pemilik ATM kerap tak sadar telah memberikan kode PIN kartu ATM.

Selanjutnya, anggota jaringan lainnya, turut berperan mengarahkan serta memastikan agar nasabah menghubungi nomor call center tersebut.

Jajaran Polres Kukar menangkap tiga terduga pelaku kejahatan modus ganjal mesin ATM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News