Subsidi Membengkak, Balance Budget Sulit Dicapai

Subsidi Membengkak, Balance Budget Sulit Dicapai
Subsidi Membengkak, Balance Budget Sulit Dicapai
JAKARTA - Pemerintah meyakini anggaran berimbang (balance budget) bisa tercapai dengan memperbaiki kebijakan subsidi yang ada. Dengan demikian, nantinya subsidi tidak akan memberatkan APBN lagi.

"Tergantung kebijakan subsidinya, tapi kalau seperti ini sulit (capai balance budget), tapi kalau ada kebijakan yang mendasar bisa saja," ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang P.S Brodjonegoro di Jakarta, Selasa (10/4).

Menurutnya, menciptakan anggaran yang berimbang bisa dicapai dengan mengontrol sisi penerimaan dan pengeluarannya. Hanya saja dari sisi pengeluaran, persoalan saat ini adalah membengkaknya subsidi seiring bertambahnya konsumsi BBM.

Dengan demikian, ke depan harus ada pengendalian jumlah subsidi. "Kalau saat ini hanya bisa dengan menggenjot penerimaan. Kalau tidak meningkatkan penerimaan ya lawannya kurangi spending (belanja) kita,"pungkasnya. (Naa/jpnn)

JAKARTA - Pemerintah meyakini anggaran berimbang (balance budget) bisa tercapai dengan memperbaiki kebijakan subsidi yang ada. Dengan demikian, nantinya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News