Sudah Ada 200 Gay di Kota Tegal

Sudah Ada 200 Gay di Kota Tegal
Ilustrasi gay atau lelaki penyuka sesama jenis.

jpnn.com - Jumlah penduduk di Kota Tegal merujuk data terakhir 2017 mencapai 280.117 jiwa. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tegal mencatat, jumlah itu terdiri dari 141.263 laki-laki dan 138.854 perempuan.

Namun, ada hal mengejutkan. Yakni temuan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal tentang 200 pria penyuka sesama jenis alias gay.
Jumlah itu melonjak di banding tahun lalu. Pada 2016, tercatat ada 50 gay di Kota Tegal.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Tegal Yuli Prasetyo mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat seorang pria menjadi gay. Antara lain trauma masa kecil dan lingkungan.

Sedangkan di Kota Tegal, terdapat tiga kelas gay. Yakni kelas atas, menengah, dan menengah ke bawah.

Untuk rentang usianya dari remaja sampai dewasa. Dari 200 gay yang ditemukan, 25 persennya merupakan kelas atas yang cenderung menutup diri sehingga sulit terjangkau.

Selain itu, ada juga gay yang biasanya berkumpul di Alun-alun Tegal, tempat karaoke dan tempat senam. Mereka berasal dari beragam profesi.

”Ada yang penjual es, tukang tambal ban, pelajar, mahasiswa, guru, pegawai pemerintahan, hingga pegawai kantoran,” kata Penyuluh Program HIV/AIDS Kota Tegal Lenny Herlina.

Untuk itu, Dinkes Kota Tegal juga berupaya menekan penyakit akibat perilaku itu. Di antaranya HIV/AIDS, hepatitis dan infeksi seksual.(nam/wan/fat/zul)


Jumlah penduduk di Kota Tegal merujuk data terakhir 2017 mencapai 280.117 jiwa. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tegal mencatat, jumlah itu terdiri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News