Suit..Suit None Jakarta Jadi Rebutan Djarot, Uno dan Yusril

Suit..Suit None Jakarta Jadi Rebutan Djarot, Uno dan Yusril
Pilkada. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Belakangan nama Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Sylviana Murni sedang naik daun. Ini terjadi sejak masa jelang pilgub DKI 2017 mendatang. Birokrat senior yang akrab disapa Mpok Sylvi ini mulai dilirik sejumlah cagub untuk mendampingi pencalonan sebagai DKI 2 pada pilkada mendatang.

Pasalnya, pengalaman Sylvi terbilang gemilang. Mantan None Jakarta itu adalah wanita Betawi satu-satunya yang pernah menjabat Walikota Jakarta Pusat dan sangat berpengalaman.

Pengamat politik Sugiyanto mengungkapkan dengan masuknya Sylviana Murni sebagai cawagub akan memberikan nuansa baru dalam perpolitikan di DKI Jakarta. Dia bisa menjadi tokoh perempuan masuk dalam bursa calon gubernur 2017 dan tercatat sebagai sejarah di ibukota.

"Kalau memang Sylviana dicalonkan sebagai cawagub, tentunya akan sangat bagus dalam mewakili gender. Dia juga sangat berpengalaman, memiliki jaringan yang kuat dan bisa mewakili pemilih gender di Jakarta," ujar Sugiyanto, Jumat (16/9).

Menurutnya, jumlah pemilih gender di DKI hampir mendekati angka separuh dari pemilih di Jakarta. Dengan terpusatnya suara pemilih gender di Jakarta pada satu calon tentunya hal itu akan menjadi penentu kemenangan calon gubernur di Jakarta.

"Harus dicatat perempuan itu hampir 50 persen suaranya di Jakarta ini. Dan itu akan menjadi penentu dalam pemilihan nanti. Jadi sangat layak apabila cagub petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok mempertimbangkan Sylvi menjadi DKI 2. Apalagi, hingga saat ini Ahok masih mencari pendamping," ujarnya.

Pria yang akrab disapa SGY itu mengatakan kualitas dan pengalaman yang dimiliki Mpok Sylvi bisa jadi rebutan para cagub lainnya yang saat ini mencuat.

“Djarot Saiful Hidayat (PDI-P), Sandiaga Uno (Gerindra) dan Yusril Ihza Mahendra (poros alternatif) pasti akan memperebutkannya,” ujarnya lagi.

JAKARTA—Belakangan nama Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Sylviana Murni sedang naik daun. Ini terjadi sejak masa jelang pilgub

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News