Sukarelawan SandiUno Beri Pelatihan Hingga Pendampingan Bagi Ratusan UMKM di Semarang

Sukarelawan SandiUno Beri Pelatihan Hingga Pendampingan Bagi Ratusan UMKM di Semarang
Pendampingan yang diberikan sukarelawan Sandiaga untuk pelaku UMKM yang ada di Semarang. Dok: Sukarelawan Sandiaga.

jpnn.com, SEMARANG - Sukarelawan Sandiaga Uno terus berupaya meningkatkan komitmennya ke penjuru daerah, khususnya di Kota Semarang dalam mengembangkan potensi UMKM.

Salah satunya dengan mengadakan pendampingan bagi ratusan pelaku usaha untuk go digital hingga sertifikat halal.

Dalam hal ini sukarelawan mengadakan workshop kewirausahaan mengenai digital marketing sebagai agar UMKM di Semarang dapat naik kelas dan membantu perizinan usaha.

Pasalnya, para pengusaha tidak perlu takut lagi untuk membuka bisnis baru, karena harus direpotkan dengan perizinan yang berbelit-belit.

Perwakilan UMKM Sahabat Sandi Uno Kota Semarang, Esti Ginting mengatakan program pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha dalam membantu memproses perizinan bisnisnya.

Dia pun menerangkan UMKM saat ini sudah banyak melakukan pemasaran secara digital untuk menangkap jaringan konsumen yang semakin luas.

"Kami menerima masukan dari UMKM di Semarang mengeluhkan untuk perizinan itu harus menunggu kouta, dalam hal ini kami memberikan perizinan langsung didaftarkan secara gratis. Untuk digital marketing UMKM sudah mulai menggunakannya, karena pelaku ekonomi kreatif membutuhkan pemasaran yang dilakukan berupa online," kata Esti dalam siaran persnya, Sabtu (2/9).

Adapun tata cara UMKM melakukan izin usaha, pertama NIB bisa diakses Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) dari pemerintah, kedua makanan kering lewat Izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), dan ketiga makanan olahan dapat melalui perizinan BPOM.

Sukarelawan Sandiaga Uno memberikan pendampingan kepada ratusan pelaku UMKM yang ada di Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News