Sukses Kembangkan BUMDes, Pagedangan jadi Contoh Manfaatkan Dana Desa

Sukses Kembangkan BUMDes, Pagedangan jadi Contoh Manfaatkan Dana Desa
Marwan Jafar. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - TANGERANG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar, secara terus terang mengakui kedatangannya ke Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan, Tangerang, Banten, Jumat (9/1), untuk belajar.

Terutama terkait bagaimana perangkat desa bisa memajukan desa yang kabarnya menjadi desa terbaik se-Provinsi Banten beberapa waktu lalu. Sehingga dapat ditularkan ke seluruh desa yang ada di Indonesia.

"S‎aya ingin melihat‎ dan belajar kepada Kades (Kepala Desa) dan Camat. Katanya di sini ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) juga.‎ Karena saya ingin memang agar desa-desa punya BUMDes. Ini yang akan memajukan desa," ujarnya.

Karena ingin belajar, dalam kunjungannya Marwan terlihat begitu serius mendengar pengalaman sejumlah masyarakat. Di antaranya dari masyarakat penerima manfaat bantuan pembangunan rumah yang masuk program peningkatan peran wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKSS)‎.

Selain itu, pemaparan juga disampaikan Kepala Desa Pagedangan, Ahmad Anwar. Menurutnya, dengan adanya BUMDes dan bantuan lain, membuat Desa Pagedangan kini cukup berkembang.

"Betul, ada BUMDes dibangun di sini dan sudah berkembang. Kita punya‎ tempat pengolahan sampah terpadu dan wisata kuliner. Adanya BUMDes yang bikin desa tambah pemasukan," katanya.

Setelah mendengar pemaparan tersebut, Marwan menyampaikan kabar baik bahwa ‎dana desa akan keluar April mendatang.

"Nanti bertahap, dikucurkan sesuai kriteria desa masing-masing penggunaannya. Dana desa itu untuk membantu. Kami menyadari betul bantuan yang ada selama ini kurang. Ini stimulus juga untuk membuat BUMDes yang lain," ujarnya.

TANGERANG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar, secara terus terang mengakui kedatangannya ke Desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News