Sumbar Lirik Pasar Ikan Nila Dunia

Sumbar Lirik Pasar Ikan Nila Dunia
Sumbar Lirik Pasar Ikan Nila Dunia
PADANG--- Setelah dinilai sukses menjadi salah satu daerah pengekspor ikan tuna, tahun ini Sumbar menargetkan diri menjadi eksportir ikan nila. Untuk menyukseskan program itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, tengah melakukan serangkaian uji coba, seperti penangkaran ikan nila di danau Singkarak.

“Penangkaran ikan nila dengan cara keramba apung itu akan dilakukan di danau Singkarak, tepatnya di daerah Malalo, Muaropingai, dan Singkarak. Saat ini kami tengah mempersiapkan 26 keramba apung yang akan diisi sekitar 6 ribu benih ikan nila per satu keramba apung untuk uji coba,” ujar Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbar, Yosmeri, seperti diberitakan Padang Ekspres (Grup JPNN).

Dilanjutkan Yosmeri, uji coba keramba apung dengan biaya Rp800 juta itu, merupakan langkah awal untuk mencantumkan diri, sebagai daerah pengekspor ikan nila dunia. Untuk melakukan uji coba, memang hanya akan dilakukan di Danau Singkarak, dalam uji coba, Dinas Perikanan juga telah mengkaji kerusakan lingkungan, speerti yang terjadi di kawasan Danau Maninjau, yang mengakibatkan ratusan ton ikan mati.

“Sebelum membuat keramba apung secara besar-besaran, kami telah mempertimbangkan beberapa aspek seperti, tata ruang danau, kapasitas, dan pemetaan daerah. Untuk itu kami akan membuat master plan, sebelum keramba apung penangkaran ikan nila itu menjamur,” jelasnya.

PADANG--- Setelah dinilai sukses menjadi salah satu daerah pengekspor ikan tuna, tahun ini Sumbar menargetkan diri menjadi eksportir ikan nila. Untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News