Sumsel Harus Waspadai Terorisme saat Asian Games

Sumsel Harus Waspadai Terorisme saat Asian Games
Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius saat menghadiri Rapat Koordinasi Kominda se-Sumatera Selatan dalam rangka Penanganan Konflik SARA dan Penanggulangan Terorisme di Sumatera Selatan, Kamis (3/8). Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah dan masyarakat harus saling bahu-membahu dan bekerja sama untuk meningkatkan kewaspadaan dalam rangka menghadapi radikalisme serta terorisme.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius saat menghadiri Rapat Koordinasi Kominda se-Sumatera Selatan dalam rangka Penanganan Konflik SARA dan Penanggulangan Terorisme di Sumatera Selatan, Kamis (3/8).

“Dalam membangun kewaspadaan terhadap radikalisme dan terorisme kita juga harus menyadari kehadiran radikalisme di tengah masyarakat Indonesia yang dinamis. Sementara kita juga menghadapi tantangan global terorisme yang luar biasa,” ujar Suhardi dalam acara yang digelar di Gedung Griya Agung, Palembang.

Mantan Kabareskrim Polri itu menekankan optimalisasi fungsi Kominda dalam mendeteksi benih-benih terorisme dan radikalisme.

Terutama jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serta Asian Games.

“Kita ini berhadapan dengan ideologi dan targetnya penyebarannya itu anak muda. Adanya radikalisasi di lingkungan remaja dalam tingkat keluarga dan pendidikan. Pola baru terorisme zaman sekarang pun menggunakan media sosial, social messenger bahkan ada rekrutmen terbuka dan baiat online,” ujar mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Karena itu, mantan Kadiv Humas tersebut mengingatkan Kominda dan kepolisian daerah agar selalu waspada.

“Kalau merasa ada gerak-gerik yang tidak biasa dari lingkungan sekitar lebih baik ingatkan dan laporkan. Karena lebih baik mencegah sebelum kejadian,” kata mantan Wakapolda Metro Jaya itu.

Pemerintah dan masyarakat harus saling bahu-membahu dan bekerja sama untuk meningkatkan kewaspadaan dalam rangka menghadapi radikalisme serta terorisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News