Sumsel jadi Pusat Perkebunan Tebu

Pemerintah Siapkan 500 Hektar Lahan

Sumsel jadi Pusat Perkebunan Tebu
Sumsel jadi Pusat Perkebunan Tebu
JAKARTA- Menteri Pertanian Suswono mengungkapkan, pemerintah menyiapkan lahan 500 ribu hektar untuk ditanami tanaman tebu. Lahan yang disediakan Departemen Kehutanan (Dephut) tersebut merupakan areal terlantar dan tidak produktif lagi.

"Sesuai komitmen Dephut untuk menuju swasembada gula, mereka menyiapkan lokasi 500 ribu ha untuk ditanami tebu. Lokasi ini sebagian besar dipusatkan di Sumatera Selatan," kata Suswono pada wartawan di Gedung Depkeu, Selasa (12/1).

Saat ini, pemerintah tengah menentukan luasan areal tanaman tebu di Sumsel. Juga sebagian Lampung, Bengkulu, dan Jambi. Bila masih kurang luasan arealnya, maka dibuka di Sulawesi.

"Kita tahu gula yang diperdagangkan di pasar internasional sangat tipis, sehingga kita tidak bisa sewaktu-waktu impor. Karena itu sebaiknya mengusahakan di dalam negeri. Apalagi Brazil tidak mengolah tebu lagi menjadi gula tapi sebagai etanol untuk biofuel," bebernya.

JAKARTA- Menteri Pertanian Suswono mengungkapkan, pemerintah menyiapkan lahan 500 ribu hektar untuk ditanami tanaman tebu. Lahan yang disediakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News