Sumut Raih Penghargaan Keseteraan Gender dari Presiden

Sumut Raih Penghargaan Keseteraan Gender dari Presiden
Sumut Raih Penghargaan Keseteraan Gender dari Presiden

jpnn.com - JAKARTA – Provinsi Sumatera Utara untuk kedua kalinya meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Madya, setelah dinilai berhasil melaksanakan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjonugroho, dalam puncak peringatan Hari Ibu Nasional ke-85 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (18/12).

Presiden berharap dengan diberikannya penghargaan, Pemprov Sumut dapat lebih aktif lagi membangun kesetaraan gender di Sumatera Utara. Karena tanpa adanya kesetaraan gender, mustahil kesejahteraan akan merata bagi seluruh masyarakat.

Gubernur Sumut mengaku siap melaksanakan amanat yang diberikan. Salah satunya dengan segera memerluas kebijakan-kebijakan yang pada intinya mengakomodasi keterlibatan perempuan di Sumut.

“Karena ibarat sebuah burung, itu akan bisa terbang tinggi kalau kedua kepak sayapnya berfungsi seirama. Demikian juga cinta kasih seorang perempuan yang tulus kepada suami dan anak-anak kalau diimplementasikan kepada bangsa, saya yakin tidak hanya Sumatera Utara, tapi bangsa ini akan mencapai puncak peradabannya. Jadi perempuan harus senantiasa seiring sejalan dengan kaum pria,” katanya didampingi Kepala Kantor Perwakilan Jakarta, Pemprov Sumut, Affan Hasibuan.

Salah satu contoh misalnya dalam menghadapi Pemilu 2014. jumlah pemilih di Sumatera Utara menurut Gatot, memerlihatkan jumlah antara pemilih laki-laki dan perempuan hampir sama. Artinya, tanpa ada keterlibatan perempuan yang luas dalam menyukseskan pemilu, maka kualitas demokrasi 2014 tidak akan lebih baik dari sebelumnya.

“Jadi kualitas demokrasi 2014 menurut saya akan ditentukan oleh keterlibatan perempuan. Saya yakin dengan cinta, ketulusan dan pengorbanan yang diwujudkan perempuan dalam kehidupan berumah tangga, yang diterjemahkan dalam kehidupan berbangsa, maka 2025 tercapai Indonesia maju,” katanya

Selain akan memerluas kebijakan yang mengakomodasi keterlibatan perempuan, Pemprov Sumut menurut Gatot, juga akan lebih aktif lagi melaksanakan peran pembinaan. Sehingga seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumut juga dapat meningkatkan kesetaraan gender.

JAKARTA – Provinsi Sumatera Utara untuk kedua kalinya meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Madya, setelah dinilai berhasil melaksanakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News