Surat Setya Novanto Ampuh, Idrus Marham Jadi Plt Ketum

Surat Setya Novanto Ampuh, Idrus Marham Jadi Plt Ketum
Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid dan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham memimpin rapat pleno DPP Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (21/11). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rapat Pleno DPP Partai Golkar yang berlangsung Selasa (21/11) malam di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat akhirnya memutuskan Idrus Marham sebagai pelaksana tugas (plt) ketua umum partai berlambang beringin rindang.

Meski tidak disebut secara eksplisit dalam keputusan pleno, hal ini menunjukkan bahwa surat yang ditulis tangan oleh Setya Novanto ampuh mengendalikan forum konsolidasi internal partainya itu dari dalam tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab, dengan menunjuk plt dirinya masih ketum Golkar.

Dalam penjelasan kepada wartawan usai memimpin Rapat Pleno tersebut, Ketua Harian DPP Golkar Nurdin Halid menyebut penunjukan plt sebagai konsep yang disepakati bersama sebagai keputusan rapat yang berlangsung sejak siang tadi.

"Mudah-mudahan kita semua sudah bisa menerima rancangan ini menjadi keputusan. Rancangan kesimpulan pertama, Idrus Marham jadi plt sampai ada putusan pra peradilan," kata Nurdin.

Pra peradilan yang dia maksud adalah upaya hukum yang ditempuh Novanto untuk melepaskan diri dari sebagai tersangka dugaan korupsi proyek e-KTP.

"Apabila gugatan Setya Novanto diterima di pra peradilan maka plt dinyatakan berakhir," lanjut Nurdin membacakan keputusan kedua dari rapat teresebut yang sekaligus penegasan bahwa suami Deisti Tagor masih ketum Golkar.

Sebaliknya, di butir ketiga diputuskan, apabila gugatan praperadilan ditolak maka plt bersama ketua harian melaksanakan rapat pleno untuk menetapkan langkah selanjutnya untuk meminta Setya Novanto mundur dari ketum Golkar.

"Dan apabila Setya Novanto tidak mau mengundurkan diri, maka Rapat Pleno Partai Golkar memutuskan Munaslub," tegasnya membacakan butir tiga putusan pleno.

Rapat Pleno DPP Golkar memutuskan Idrus Marham sebagai pelaksana tugas (plt) ketua umum partai berlambang beringin rindang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News