Surati MenPAN-RB Baru, Rano Minta Ini untuk Honorer K1 Banten

Surati MenPAN-RB Baru, Rano Minta Ini untuk Honorer K1 Banten
Gubernur Banten Rano Karno. Foto: dok jpnn

jpnn.com - SERANG-Gubernur Banten Rano Karno berjanji akan menyelesaikan masalah pengangkatan tenaga honorer kategori satu (K1) menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang hingga kini belum tuntas. Rano pun mengirimkan surat untuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), agar mengangkat honorer K1 Pemprov Banten menjadi CPNS tanpa tes.

Hal itu dilakukan Rano Karno karena ada pergantian posisi Menpan-RB yang sebelumnya dijabat Yuddy Crhisnandi digantikan Asman Abnur. "Dengan adanya reshuffle ini, maka kita harus buat surat buat Menpan-RB, tentang K1. Waktu masih dijabat Pak Yuddy, kami kirimkan surat untuk ketemu, tapi sampai saat ini kita belum terima (surat balasan-red). Maka perintahkan Sekda untuk bikin surat minta waktu bertemu menpan membahas K1," kata Rano, Minggu (31/7). 

Menurut Rano, para tenaga honorer K1 Pemprov Banten menunggu kepastian diangkat menjadi CPNS. Maka adanya pergantian Menpan-RB, harus ditidaklanjuti secepatnya. 

"Pengaruh sih tidak (pergantian Menpan-red), tapi kita harus menjalin lagi. Dulu pernah kirim surat ke Pak Yuddy, tapi saya belum dipanggil. Pas waktu Ramadan dia datang ke sini (Polda Banten-red), saya lagi umroh. Maka kita minta waktu ketemu Menpan yang baru," ujarnya. 

Ditanya apa isi penegasan dalam surat tersebut, Rano menjelaskan, honorer K1 Pemprov Banten harus diangkat jadi CPNS tanpa tes. "Ya harus diangkat karena dokumen kan sudah lengkap. Kalau kita hitung formasi di Pemprov ini masih kurang (pegawai-red). Kita baru ada PNS 4.500, harusnya 7 ribuan," kata Rano. 

Menurutnya, setiap tahun Pemprov Banten mengalokasikan anggarkan untuk gaji jika honorer diangkat jadi CPNS. "Tapi tiap tahun malah jadi Silpa karena tidak diangkat-angkat. Kita butuh kepastian, boleh atau tidak, itu aja," tegasnya .

Sekda Banten Ranta Soeharta menyatakan, segera membuat surat sesuai arahan Gubernur. "Segera dan secepatnya kita buat dan kirim ke Menpan," ujarnya. 

Koordinator Forum Tenaga Honorer K1 Pemprov Banten Endang Suherman mengaku berterimakasih kepada Gubernur Rano Karno dan Sekda Ranta Soeharta, yang akan menyelesaikan masalah pengangkatan honorer Pemprov Banten yang masih tertinggal 359 orang. 

SERANG-Gubernur Banten Rano Karno berjanji akan menyelesaikan masalah pengangkatan tenaga honorer kategori satu (K1) menjadi calon pegawai negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News