Survei: Jokowi-BG Bakal Libas Prabowo-Gatot di Pilpres 2019

Survei: Jokowi-BG Bakal Libas Prabowo-Gatot di Pilpres 2019
Direktur Polmark Eep Saefullah Fatah. FOTO: Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polmark Research Center (PRC) merilis hasil survei nasional yang dilakukan pada 13 sampai 25 November 2017. Dari hasil survei, calon lawan terkuat Presiden Joko Widodo masihlah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Direktur Polmark Eep Saefullah mengatakan, berdasarkan survei, Jokowi cenderung memilih Kepala BIN Budi Gunawan (BG) sebagai pasangannya. Sedangkan Prabowo lebih populer disandingkan dengan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Pengambilan data primer survei ini dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dengan jumlah responden 2.600 orang, menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan margin of error kurang lebih 1,9% persen pada taraf kepercayaan 95 persen," kata dia dalam konferensi pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (18/12).

Menurutnya, popularitas para tokoh menjelang Pilpres 2019 menunjukkan bahwa tokoh Jokowi, Prabowo, Jusuf Kalla, dan Megawati Soekarnoputri mempunyai popularitas yang tinggi di atas 90 persen. Jokowi sendiri memiliki prosentasi popularitas tertinggi 85,2 persen.

"Jika Pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, respondan secara spontan menyebut Jokowi 41 persen dan Prabowo 15,9 persen sebagai calon presiden, beberapa nama lain juga bermunculan namun angkanya jauh di bawah 35,8 persen.

"Bagian penting dalam survei ini adanya temuan yang menunjukkan tingginya referensi pemilih menyatakan setuju jika Jokowi dipasangkan dengan BG 65 persen. Menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kecenderungan lebih dengan konfigurasi pasangan ini ke depan," kata dia.

Selain berpasangan dengan BG, Jokowi juga populer dipasangan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (64 persen), Chairul Tanjung (64,6 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (63,5 persen), Gatot Nurmantyo (63,1 persen) ataupun Anies Rasyid Baswedan (62,9 persen).

"Sementara Prabowo-Gatot Nurmantyo (63,5 persen), Prabowo-Chairul Tanjung (58 persen) atau Prabowo-Zulkifli Hasan (57,1 persen)," kata dia.

Direktur Polmark Eep Saefullah mengatakan, berdasarkan survei, Jokowi cenderung memilih Kepala BIN Budi Gunawan (BG) sebagai pasangannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News