Survei: Kepala Daerah dan Menteri jadi Favorit Masyarakat jelang Pilpres 2024

Survei: Kepala Daerah dan Menteri jadi Favorit Masyarakat jelang Pilpres 2024
Ilustrasi Pemilu/Pilpres. (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

jpnn.com, JAKARTA - Citra Nusantara Network membeberkan hasil penelitian terkait latar belakang tokoh politik yang paling disukai masyarakat untuk menjadi calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024.

Survei bertema Mengukur Preferensi Publik Terhadap Parpol dan Tokoh Terhadap Dinamika Politik Nasional itu dilakukan terhadap 2010 responden terpilih.

Para responden berusia di atas 17 tahun dan tersebar secara proposional di 34 provinsi di seluruh Indonesia sesuai dengan data pemilih pada Pilpres 2019.

"Penarikan sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini mengunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen," tulis Citra Nusantara Network dalam keterangannya, Selasa (30/11).

Dari empat latar belakang yang sudah ditentukan, 30,9 persen dari responden memilih kepala daerah dan menteri yang dianggap terbukti bisa memimpin untuk menjadi calon presiden dan wakil presiden.

Kemudian, 30,2 persen memilih tokoh dengan latar belakang militer atau kepolisian.

"Kalangan profesional yang mempunyai modal sosial dan finansial kuat dipilih sebanyak 17,2 persen," ujar Citra Nusantara Network.

Kader partai politik yang dinilai mempunyai pengaruh dan kekuatan politik dipilih oleh 12,8 persen responden sementara 8,9 persen lainnya tidak memilih. (mcr9/jpnn)

Citra Nusantara Network membeberkan hasil penelitian terkait latar belakang tokoh politik yang paling disukai masyarakat untuk berkompetisi di pilpres 2024.


Redaktur : Natalia
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News