Survei LSI Denny JA: Mohon Maaf, Pertarungan Pilpres 2019 Selesai

Survei LSI Denny JA: Mohon Maaf, Pertarungan Pilpres 2019 Selesai
Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menyimpulkan pemenang Pilpres 2019 sudah kelihatan dari elektabiltas pasangan calon saat ini. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyimpulkan pertarungan Pilpres 2019 sudah selesai. Pemenangnya bisa diketahui dari sekarang.

Itu jika merujuk survei terbaru LSI Denny JA yang dilakukan 18-25 Februari 2019 dengan melibatkan 1.200 responden.

Peneliti dari LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan, jika mengacu pada analisis tren elektabilitas kedua pasangan capres-cawapres (Jokowi - Ma'ruf dan Prabowo - Sandi) selama enam bulan terakhir, terlihat Jokowi - Ma'ruf unggul jauh.

“Jika dilihat dari tren atau analisis tren, mohon maaf pertarungan (Pilpres 2019) sudah selesai,” kata Ardian dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Selasa (5/3) malam.

(Bacalah: Jokowi Berjaya di Nahdiyin, Prabowo Menang Telak di FPI & PA 212)

Ardian menerangkan, dari data survei LSI periode Agustus hingga Februari, elektabilitas Joko Widodo - Ma'ruf Amin selalu lebih unggul di atas 20 persen dibandingkan pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Survei LSI Denny JA ini dengan wawancara tatap muka, menggunakan kuesioner dengan margin of error 2,9 persen.

“Berdasarkan survei yang dilakukan dengan simulasi kertas suara itu, diketahui elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 58,7 persen, Prabowo-Sandi 30,9 persen, sedangkan responden tidak menjawab sebesar 9,9 persen dan sisanya terdapat 0,5 persen suara tidak sah, karena salah mencoblos surat suara atau mencoblos dua kali,” kata Ardian.

LSI Denny JA menemukan elektabilitas Jokowi - Ma’ruf sebesar 58,7 persen, sementara Prabowo - Sandi 30,9 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News