Survei LSPI: Yusril Makin Ketat Tempel Ahok

Survei LSPI: Yusril Makin Ketat Tempel Ahok
Yusril Ihza Mahendra. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Riset Lembaga Survey Politik Indonesia (LSPI) Zulfan Haris menilai Basuki T Purnama masih sangat mungkin dikalahkan pada Pilkada DKI 2017 mendatang. Pasalnya, tingkat kepuasan warga terhadap calon petahana itu tidak terlalu tinggi.

Hal ini tergambar dalam survei terbaru lembaganya yang dirilis siang tadi di Hotel Sofyan Tebet, Jakarta, Jumat (3/6). "Angka masyarakat yang puas dan sangat puas dengan kinerja Ahok tidak sampai 40 persen. Juga yang menginginkan kembali Ahok menjadi gubernur tidak sampai separuh jumlah responden," ujar Zulfan.

Untuk elektabilitas, lanjutnya, Ahok memang masih yang teratas dengan 23%. Namun, dia mulai ditempel ketat oleh Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra dengan elektabilitas 19%. Sementara calon lain seperti Tri Rismaharini, Sandiaga Uno dan Djarot Saiful Hidayat, elektabilitasnya masih di kisaran satu digit. 

Dalam simulasi empat nama calon gubernur, elektabilitas Ahok juga masih memimpin dengan 36,4%. Dia disusul Yusril dengan 29,8%, Tri Rismaharini 9,5% dan Sandiaga Uno 2,5%. Sementara 21,8% responden nyatakan belum memutuskan untuk memilih.

Seiring waktu, tambah Zulfan lagi, elektabilitas Ahok kemungkinan akan semakin tergerus dan tak tertutup kemungkinan disusul pesaing. Mengingat beberapa isu besar yang berkembang selama ini seperti kasus Sumber Waras dan skandal reklamasi, punya dampak negatif terhadap incumben.

"Apalagi m‎asih cukup banyak pemilih yang belum menentukan pilihan. Artinya penantang seperti Yusril masih berpeluang untuk menggaet suara yang belum menentukan pilihan, termasuk suara yang masih besar kemungkinannya untuk berpindah pilihan," pungkas dia.

Survey LSPI dilakukan pada tanggal 22-27 Mei 2016 dengan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 440 responden, dengan margin of error sebesar 4.8% pada tingat kepercayaan 95%.  Penggalian data dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung oleh tim surveyor yang terlatih. (dil/jpnn)


JAKARTA - Direktur Riset Lembaga Survey Politik Indonesia (LSPI) Zulfan Haris menilai Basuki T Purnama masih sangat mungkin dikalahkan pada Pilkada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News