Survei Nasional Voxpol Center: AHY Cawapres Paling Kuat Bagi Anies

Survei Nasional Voxpol Center: AHY Cawapres Paling Kuat Bagi Anies
Ilustrasi - wacana Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono atau Anies - AHY berduet di Pilpres 2024. Foto: Ilustrator Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan kandidat Cawapres yang berpotensi paling kuat memenangkan Capres dari Partai Nasdem Anies Baswedan dalam berbagai skenario simulasi.

Hal ini terungkap dari survei nasional yang dilakukan lembaga survei Voxpol Center periode 22 Oktober - 8 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Dalam simulasi dua poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas sampai 50,7 persen, sementara pasangan Anies-Aher diperkirakan meraih elektabilitas 46,3 persen.

Kombinasi pasangan Anies-Khofifah diprediksi mendapat elektabilitas 42,9 persen. Sedangkan pasangan Anies-Andika diramalkan memperoleh elektabilitas 46,9 persen.

Simulasi dua poros ini mengasumsikan koalisi Nasdem-Demokrat-PKS bertarung melawan koalisi raksasa PDIP-Gerindra-Golkar-PKB-PAN-PPP.

Dalam simulasi tiga poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas 37,3 persen. Sementara pasangan Anies-Aher diperkirakan mendapat elektabilitas 29,3 persen.

Dalam kombinasi lain, pasangan Anies-Khofifah diprediksi meraih elektabilitas 28,2 persen. Ini sedikit lebih rendah ketimbang pasangan Anies-Andika yang diperkirakan mendapat elektabilitas 32,5 persen atau pasangan Anies-Sandiaga Uno yang diramalkan mendapat elektabilitas 33,8 persen.

Dalam simulasi tiga poros ini, koalisi Nasdem-Demokrat-PKS diperkirakan bertarung melawan koalisi PDIP-Golkar-PAN-PPP serta koalisi Gerindra-PKB. Ada pula asumsi PDIP berkoalisi dengan Gerindra-PKB, menghadapi koalisi Golkar-PAN-PPP dan koalisi Nasdem-Demokrat-PKS.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan kandidat Cawapres yang berpotensi paling kuat memenangkan Capres dari Partai Nasdem Anies.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News