Survei Puspoll, Pilpres 2024 Akan Berlangsung 2 Putaran

Survei Puspoll, Pilpres 2024 Akan Berlangsung 2 Putaran
Rilis hasil Survei Pusat Polling (Puspoll) Indonesia periode Desember 2023. Foto: dokumentasi Puspoll

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei terbarunya periode Desember 2023, terkait peta elektoral pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2024.

Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja mengatakan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi teratas, yakni sebesar 41 persen.

Lalu, di urutan kedua ditempati paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 27,6 persen.

Terakhir, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan perolehan 26,1 persen, sementara yang belum memutuskan pilihan sebesar 5,3 persen.

"Elektabilitas Prabowo-Gibran yang hanya 41 persen, hampir bisa dipastikan Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran. Pertarungan sengit akan terjadi antara paslon nomor 1 dan nomor 3 untuk maju ke putaran kedua," ucap Muslimin saat jumpa pers via zoom, Selasa (2/1).

Muslimin menjelaskan berdasarkan wilayah Jawa yang menjadi wilayah pertempuran utama adalah di Jawa Barat.

Paslon Prabowo-Gibran menempati urutan pertama, lalu disusul oleh Paslon Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud.

Pasangan Ganjar-Mahfud menguasai daerah Jateng dan DIY yang merupakan basis PDI-P, lalu disusul oleh paslon Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin.

Puspoll Indonesia merilis hasil survei terbarunya periode Desember 2023, terkait peta elektoral pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News