Surya Harus Kawal NasDem Tetap Demokratis

Surya Harus Kawal NasDem Tetap Demokratis
Surya Harus Kawal NasDem Tetap Demokratis
JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai partai baru yang mengusung slogan restorasi harus mampu menjaga budaya demokrasi di internal partai. Karenanya Ketua Dewan Pembina Partai NasDem, Surya Paloh yang dikenal sebagai tokoh sentral di partai itu diharapkan bisa mendorong lahirnya ketua umum (ketum) yang memiliki integritas dan kapabilitas melalui proses demokratis.

Saran itu disampaikan pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, A Bakir Ihsan, menanggapi rencana kongres NasDem pada Januari 2012 mendatang yang salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum secara tertutup. Menurut Bakir, NasDem sebagai partai baru memang perlu figur ketua umum yang mampu menarik dukungan publik.  "Bagi partai baru seperti Nasdem perlu ketum yang bisa membantu mendongkrak citranya," kata Bakir di Jakarta, Sabrtu (22/12).

Bakir menambahkan, selama ini nama NasDem tak bisa dilepaskan dari sosok Surya Paloh. Bahkan Bos Media Grup itu seolah sudah menjadi merek dagang NasDem.

Tapi Bakir juga mengatakan, Surya Paloh tak perlu menjadi ketum. "Surya Paloh dan Nasdem sudah menjadi brand. Karenanya Surya Paloh cukup di posisi sekarang, tinggal bagaimana melahirkan ketum yang bercitra dan berintegritas," katanya.

JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai partai baru yang mengusung slogan restorasi harus mampu menjaga budaya demokrasi di internal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News