Surya Paloh Minta Santri Ikut Pertahankan Ideologi Pancasila

Surya Paloh Minta Santri Ikut Pertahankan Ideologi Pancasila
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Lombok Timur. Foto: Ist

jpnn.com, LOMBOK - Tokoh nasional Surya Paloh berpesan kepada para santri untuk mengambil peran dan berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan begitu Indonesia bisa menjadi sebuah negara yang semakin besar dan kuat dalam pertarungan dunia, dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai ideologi Pancasila, kebinekaan dan toleransi.

Hal itu diungkapkan Surya saat memberikan Kuliah Umum Kebangsaan di hadapan sekitar 10.000 santri dan santriwati Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan, Pancor, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurutnya, Indonesia bisa menjadi bangsa yang semakin hebat jika generasi muda memberikan penghormatan yang tinggi dan tetap mempertahankan ideologi Pancasila.

"Saya mau titipkan kepada kalian semua, saya mau mendengar agar Indonesia menjadi bangsa yang lebih hebat," ujar Surya.

Dia mengatakan salah satu cita-cita luhur dari para pendiri bangsa adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal itu tentu bisa diwujudkan melalui pendidikan. Hal itu yang diharapkan juga bisa dilakukan oleh para santri untuk turut memajukan bangsa.

"Tidak mungkin mau menjadi profesor atau doktor hanya dengan berjalan-jalan, kalian harus belajar. Harus banyak membaca, banyak mendengar dan banyak melihat. Kita harus berjuang memberikan yang berarti bagi bangsa," katanya.

Indonesia bisa menjadi bangsa yang semakin hebat jika generasi muda memberikan penghormatan yang tinggi dan tetap mempertahankan ideologi Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News