Susah Ereksi dan Mulai Botak? Waspadai Serangan Jantung

Susah Ereksi dan Mulai Botak? Waspadai Serangan Jantung
Susah Ereksi dan Mulai Botak? Waspadai Serangan Jantung

jpnn.com - PENYAKIT jantung biasanya datang secara diam-diam. Sering kali pasien baru sadar bila ia terkena penyakit mematikan itu ketika telah mengalami serangan jantung.

Serangan jantung adalah salah satu yang paling mematikan. Pasalnya tidak semua pasien serangan jantung dapat terselamatkan. Di Amerika, dalam satu tahun, lebih dari 700.000 orang terkena serangan jantung. Lebih dari setengahnya, yakni sebanyak 400.000 orang, meninggal karena penyakit jantung koroner (PJK).

Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya plak yang menyumbat pembuluh arteri. Akibatnya, pasokan darah dan oksigen menuju jantung terganggu.

Di Indonesia, kematian karena penyakit jantung koroner meningkat sebesar 10,4 persen dalam kurun 10 tahun terakhir. Menurut survei yang dirilis oleh Survei Kesehatan Rumah Tangga Nasional (SKRTN), angka kematian PJK mencapai 53,5 per seratus ribu penduduk.

"Mencegah penyakit jantung pasien adalah tujuan utama saya," kata spesialis jantung Joel K. Kahn, MD, seperti dilansir laman RD.com, Minggu (22/12).

"Tetapi deteksi dini adalah tujuan berikutnya," tambahnya.

Dengan deteksi dini, pasien dapat mengubah gaya hidup sehingga serangan jantung dapat dihindari atau ditunda. Apalagi, penyakit jantung koroner biasanya datang secara diam-diam.

Apa saja gejala awal penyakit jantung? Anda perlu waspada jika ada salah satu dari gejala berikut ini

PENYAKIT jantung biasanya datang secara diam-diam. Sering kali pasien baru sadar bila ia terkena penyakit mematikan itu ketika telah mengalami serangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News