Sutan Kena 10 Tahun Penjara, Bos KPK Lega

Sutan Kena 10 Tahun Penjara, Bos KPK Lega
Terdakwa mantan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/8). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tampaknya cukup puas dengan vonis yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta kepada mantan Ketua Komisi VII Sutan Bhatoegana Siregar.

Pria berjuluk si ngeri-ngeri sedap itu dihukum 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsidair 1 tahun kurungan karena terbukti menerima uang terkait pembahsan APBNP 2013.

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP menisyaratkan pihaknya tidak akan mengambil langkah banding atas putusan majelis yang dipimpin Hakim Artha Theresia itu. Alasannya, vonis yang diterima Sutan lebih dari 2/3 tuntutan jaksa.

"Biasanya jika putusan lebih dari dua per tiga tuntutan, KPK tidak banding," kata Johan melalui pesan singkat kepada wartawan, Rabu (19/8).

Untuk diketahui, jaksa menuntut Sutan dihukum 11 tahun penjara dan tambahan berupa pencabutan hak politik untuk memilih dan dipilih selama tiga tahun. Majelis hakim  menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara tanpa pencabutan hak politik.

Lebih lanjut Johan mengatakan, saat ini KPK belum mengeluarkan sikap resmi  terkait vonis Sutan. Pihaknya akan mempelajari terlebih dulu salinan putusan tersebut sebelum menentukan sikap.

"Kami pelajari dulu untuk menyimpulkan banding atau tidak. Jaksa nanti akan melaporkan ke pimpinan," pungkas mantan juru bicara KPK ini. (dil/jpnn)

 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tampaknya cukup puas dengan vonis yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta kepada mantan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News