Sabtu, 16 Februari 2019 – 06:07 WIB

Swara Gembira dan Tema 72/27 untuk Ultah Bu Mega

Rabu, 23 Januari 2019 – 11:38 WIB
Swara Gembira dan Tema 72/27 untuk Ultah Bu Mega - JPNN.COM

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri akan merayakan ulang tahunnya yang ke-72, Rabu (23/1). Perayaan ultah ketua umum PDI Perjuangan itu akan digelar di Hotel Sahid, Jakarta, siang ini.

Ada acara unik dalam perayaan ultah Megawati yang diberi titel 72/27 itu. Yakni penampilan Swara Gembira, sebuah wadah perpaduan lebih dari 200 milenial Indonesia yang tiada henti menghadirkan cita rasa kebudayaan dalam balutan kegembiraan anak muda.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, tema 72/27 adalah simbolisasi dan perpaduan kematangan hidup dengan usia produktif. Angka 72 merupakan simbol bagi usia yang sudah matang, sedangkan 27 untuk melambangkan semangat muda.

“Apresiasi Ibu Megawati Soekarnoputri diberikan kepada kaum muda Indonesia, khususnya mereka yang berusia 17 sampai dengan 27 tahun atau lebih," kata Hasto, Rabu (23/1). 

Menurut Hasto, Swara Gembira merupakan generasi kreatif dan mandiri yang berjuang pada jalan identitas diri. Di dalam Swara Gembira memang ada penggemar rap, hip hop, atau mungkin dansa.

Namun, semua dikemas dengan tradisi Nusantara melalui aneka lagu, gerak dan tari bernuansa kebudayaan Indonesia.  "Acara menjadi begitu unik dan hadir sebagai buah akulturasi budaya dengan tetap kokoh pada jati diri bangsa," jelas Hasto.

Dia menambahkan, semula Megawati mengharapkan ulang tahunnya diselenggarakan dengan cara biasa sambil menikmati makan malam bermenu khas Nusantara. Namun, pertemuan bertema Megawati Bercerita yang menghadirkan ratusan anak muda beberapa waktu lalu telah mengubah rencana perayaan ultah Putri Proklamator RI Bung Karno itu.

Akhirnya muncul ide untuk menampilkan gebyar kebudayaan Indonesia yang dikolaborasikan dengan seni modern dari luar negeri. "Mereka membangun seluruh idealismenya terhadap seni dan tradisi kebudayaan Indonesia yang ternyata mampu berkolaborasi sempurna dengan seni modern mancanegara," jelasnya. 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar