Syarief Hasan Dukung Realisasi Perombakan Gedung Sarinah Untuk UMKM dan Koperasi

Syarief Hasan Dukung Realisasi Perombakan Gedung Sarinah Untuk UMKM dan Koperasi
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan mendukung realisasi rencana pemerintah untuk melakukan perombakan pada Gedung Sarinah.

Menurutnya, rencana tersebut adalah rencana yang tepat untuk menghidupkan kembali UMKM di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Ia memandang bahwa PT. Sarinah yang merupakan BUMN di bidang ritel dan perdagangan harus membantu UMKM & Koperasi.

"BUMN khususnya PT. Sarinah memang sudah seharusnya menjadikan UMKM sebagai mitra sekaligus usaha binaan agar bisa bertumbuh dengan cepat," katanya.

Menurut Syarief, sebenarnya konsep itu sudah dia rintis dan sudah berjalan saat menjadi menteri, dengan konsep membantu pemasaran produk-produk UMKM dan Koperasi seluruh Indonesia di Gedung SMESCO Jakarta, milik Kementerian Koperasi & UKM RI.

"Saya juga membangun mitra antara pelaku UMKM & Koperasi dengan pelaku riteil swasta besar agar rantai distribusi produk UMKM dan koperasi bisa lebih cepat meluas, dikenal dengan efisien sehingga dengan mudah dibeli oleh konsumen. Namun konsep tersebut semua berubah dan tidak jelas di era Presiden Jokowi. Saya mendukung bila konsep tersebut dihidupkan kembali," ujar Syarief.

Menurutnya, BUMN dan UMKM adalah pilar ekonomi kerakyatan nasional yang dapat mewujudkan cita-cita kemandirian ekonomi.

“BUMN sebagai unit usaha pemerintah harus ada keberpihakan kepada UMKM dan Koperasi sebagai representasi ekonomi rakyat yang digerakkan oleh kalangan akar rumput,” tegasnya.

BUMN khususnya PT. Sarinah memang sudah seharusnya menjadikan UMKM sebagai mitra sekaligus usaha binaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News