JPNN.com

Syarief Terkesan dengan Cara Sri Sultan HB X Menangani Pandemi Covid-19

Rabu, 28 Oktober 2020 – 12:44 WIB
Syarief Terkesan dengan Cara Sri Sultan HB X Menangani Pandemi Covid-19 - JPNN.com
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan saat berbincang dengan Sri Sultan HB X. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan terkesan dengan cara Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X dalam menangani pandemi Covid-19 di daerahnya.

Pujian itu disampaikan Syarief setelah bertemu dan berdiskusi dengan Sultan di Kepatihan, Kota Yogyakarta, Selasa (27/10).

"Saya selama dua jam berdiskusi dengan beliau mengupas banyak hal," kata Syarief kepada wartawan usai pertemuan.
 
Legislator Partai Demokrat itu menjelaskan dalam menangani pandemi Covid-19, Sultan menempatkan masyarakat Yogyakarta sebagai subjek.

Masyarakat dirangsang kesadarannya akan dampak wabah penyakit itu sehingga mereka dengan kesadaran sendiri menerapkan protokol kesehatan. "Tanpa dikomando, masyarakat memakai masker sendiri," katanya.

Bila pengertian lockdown adalah penguncian secara ketat, hal demikian oleh Sultan dimodifikasi. Masyarakat diberi penjelasan mengenai aturan itu.

Kemudian, mereka diharap tetap berada di rumah. Namun bagi warga yang sehat bisa saja melakukan kegiatan tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
Sultan yakin bahwa imunitas atau tubuh yang sehat dan kuat adalah pertahanan yang baik dalam mencegah Covid-19.

Sultan juga memberi bekal kepada masyarakat agar mereka tetap sehat dan kuat sehingga imunitas terjaga.

"Untuk itu mereka diberi vitamin dan sebagainya. Dengan demikian penyebaran Covid-19 bisa diputus mata rantainya," kata politikus asal Palopo, Sulawesi Selatan ini.
 
Sebagai wilayah yang penduduknya terbilang padat, serta banyak masyarakat yang keluar masuk, hal itu disiasati dengan melakukan tracing.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra