Syngenta Luncurkan Teknologi Baru Insektisida INCIPIO untuk Kendalikan Hama Padi

Syngenta Luncurkan Teknologi Baru Insektisida INCIPIO untuk Kendalikan Hama Padi
Syngenta meluncurkan teknologi baru INCIPIO 200SC untuk mengendalikan hama penggerek batang padi kuning di Karawangm Jawa Barat. Foto: supplied

jpnn.com - Perusahaan teknologi pertanian, Syngenta meluncurkan insektisida baru INCIPIO 200SC berteknologi Plinazolin di Pusat Riset dan Pengembangan Perlindungan Tanaman Syngenta di Cikampek, Jawa Barat.

Insektisida baru INCIPIO 200SC diklaim bisa membantu petani mengendalikan hama penggerek batang padi kuning, salah satu pengganggu yang dapat menurunkan produktivitas tanaman.

Menurut laporan United States Department of Agriculture (USDA), Indonesia menjadi produsen beras terbesar keempat di dunia sekaligus nomor satu di Asia Tenggara dengan estimasi produksi 34,6 juta metrik ton pada musim 2022/2023 .

Produksi beras itu diharapkan terus meningkat sehingga dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri bahkan ekspor. Namun, peningkatan produktivitas padi dapat terganggu oleh serangan organisme pengganggu tanaman (OPT), seperti tikus, wereng batang coklat, blas, hawar daun, hingga hama penggerek batang.

Dari semua OPT tersebut, hama penggerek batang padi kuning masih menjadi pengganggu utama, terutama di Pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.

Serangan hama penggerek batang padi kuning dapat mengakibatkan kehilangan hasil panen hingga 30 persen jika tidak dikendalikan secara efektif pada waktu yang tepat, bahkan serangan di fase generatif dapat membuat petani kehilangan hasilnya hingga 95 persen.

Untuk membantu petani mengatasi serangan hama penggerek batang padi kuning tersebut, Syngenta memperkenalkan solusi perlindungan tanaman terbarunya, INCIPIO 200SC untuk tanaman padi.

“INCIPIO 200SC dengan teknologi Plinazolin merupakan insektisida terbaru yang dapat mengendalikan serangan penggerek batang padi kuning baik di fase vegetatif maupun generatif," kata Frendy Tarigan selaku brand manager insektisida Syngenta Indonesia dalam siaran pers, Kamis (23/11).

Syngenta meluncurkan teknologi baru INCIPIO 200SC berteknologi plinazolin untuk mengendalikan hama penggerek batang padi kuning.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News